24 C
id

Agar Puasa Anti Haus dan Lapar, Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur!

Puasa Anti Haus dan Lapar
Ilustrasi/Gramedia


AchehNetwork.com - Saat bulan Ramadan tiba, kesegaran dari segelas teh manis atau aroma menggoda dari secangkir kopi hangat seringkali menjadi pilihan utama bagi banyak orang saat sahur dan berbuka puasa. 

Dianggap sebagai penyelamat energi selama hari puasa, minuman ini seringkali menjadi andalan. 

Tetapi, siapa sangka, konsumsi teh manis atau kopi pada waktu-waktu tersebut sebenarnya bisa membuat kita menjadi lebih cepat haus selama menjalani ibadah puasa.

Kedua minuman tersebut, yang sebenarnya mengandung kafein, ternyata memiliki efek diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi berkemih. 

Spesialis gizi klinik, dr. Feni Nugraha, M.Gizi, Sp.GK, dalam program Hidup Sehat tvOne, mengungkapkan bahwa kandungan kafein dalam kopi dan teh mampu meningkatkan risiko rasa haus selama puasa, bahkan meningkatkan risiko dehidrasi. 

Jadi, meskipun terasa menyegarkan pada awalnya, minuman ini sebenarnya bisa membuat kita merasa lebih cepat haus.

Tidak hanya kopi dan teh, minuman berkarbonasi seperti soda juga sebaiknya dihindari. 

Kandungan kafein di dalamnya juga dapat mempercepat rasa haus selama puasa, menjadikannya pilihan yang kurang ideal untuk mengatasi dahaga.

Namun, bukan hanya minuman saja yang perlu diperhatikan, beberapa jenis makanan juga sebaiknya dihindari saat sahur. 

Makanan terlalu asin, misalnya, dapat mengganggu keseimbangan kadar natrium dalam tubuh, mengakibatkan gangguan penyerapan cairan dan meningkatkan rasa haus. 

Begitu juga dengan makanan terlalu pedas, yang bisa menyebabkan berbagai masalah pencernaan dan akhirnya meningkatkan risiko dehidrasi.

Selain itu, makanan yang terlalu manis juga sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan kadar gula darah, yang pada gilirannya dapat menyebabkan peningkatan rasa haus, kelelahan, dan kantuk. 

Hindari juga makanan bersantan, karena kandungan minyak dan lemak di dalamnya dapat membuat tubuh lebih cepat kehilangan cairan.

Maka dari itu, saat menjalani ibadah puasa, penting untuk memilih minuman dan makanan yang tepat agar dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan bertenaga sepanjang hari. 

Dengan memperhatikan pilihan-pilihan tersebut, kita dapat menghindari efek "penyihir" haus yang dapat mengganggu kenyamanan selama berpuasa.(*)


Sumber: Viva.co.id
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA