24 C
id

Desa Terapung Koh Panyee: Dihuni Oleh Keturunan Jawa, Wisata Budaya Indonesia di Lepas Pantai Thailand

Koh Panyee
Desa Koh Panyee Thailand/Foto: Google Maps


AchehNetwork.com - Di lepas pantai selatan Thailand, di tengah gemerlap Laut Andaman, tersembunyi sebuah mosaik budaya yang memukau. 

Bernama Koh Panyee, desa ini memancarkan pesona Indonesia di jantung Thailand. 

Di balik nama yang eksotis ini, terdapat kisah menarik tentang perjalanan tiga keluarga nelayan keturunan Jawa yang menciptakan sebuah tempat yang kini dihuni oleh lebih dari 1.680 jiwa dan 400 keluarga.

Legenda dimulai sekitar dua abad yang lalu, ketika tiga keluarga pemberani memulai petualangan mereka mencari tempat untuk menangkap ikan. 

Melalui perjalanan yang melelahkan dari pantai Jawa hingga ke perairan Thailand, mereka akhirnya menemukan sebuah pulau di Provinsi Phang Nga. 

Di sinilah mereka memutuskan untuk membuat rumah dan membangun kehidupan baru.

Koh Panyee, dengan latar belakang batu kapur setinggi 20 meter yang menjulang di sekitarnya, menjadi tempat perlindungan bagi desa terapung ini. 

Awalnya hanya sebuah perkampungan nelayan sederhana, kini Koh Panyee telah menjadi destinasi wisata yang diminati oleh banyak orang. 

Di tengah keindahan alamnya yang menakjubkan, Koh Panyee kini menawarkan fasilitas modern layaknya desa biasa. 

Mulai dari sekolah, rumah sakit, hingga hotel sederhana untuk para pengunjung. Namun, yang membuatnya benar-benar istimewa adalah adanya masjid, sebuah simbol keberagaman budaya yang menjadikan Koh Panyee sebagai destinasi yang unik.

Tak hanya itu, salah satu daya tarik utama Koh Panyee adalah tiga lapangan sepak bola terapung yang dibangun dari kayu setelah Piala Dunia 1986. 

Dan sementara nelayan lokal tetap mengandalkan tangkapan ikan sebagai sumber pendapatan utama, mereka juga telah cerdik memanfaatkan kedatangan wisatawan untuk mengembangkan perekonomian mereka. 

Dengan setiap sudutnya yang memikat, Koh Panyee bukan hanya sebuah desa, melainkan sebuah karya seni hidup yang memperlihatkan keajaiban adaptasi manusia terhadap alam dan keberagaman budaya yang begitu mempesona.

Kesederhanaan dan keberanian para penduduknya telah mengukir destinasi yang tak terlupakan di tengah-tengah lautan Thailand.(*)
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA