24 C
id

Fakta Nenek Moyang Madagaskar Berasal dari Nusantara: Jejak Indonesia di Pulau Madagaskar

Nenek Moyang Orang Madagaskar
Anak-anak Madagaskar/ Foto: net


AchehNetwork.com - Pulau Madagaskar, dengan keeksotisannya yang memikat, telah lama menjadi objek kekaguman para penjelajah dan pengamat dunia. 

Terletak di sebelah timur Benua Afrika, Madagaskar menjadi pulau yang terpisah jauh dari Indonesia, yang berada di sisi barat Samudera Hindia. 

Namun, siapa sangka, di balik jarak yang memisahkan itu, tersimpan hubungan yang tak terduga antara kedua tempat itu.


Kisah ini mengungkap kepingan sejarah yang mengejutkan: nenek moyang Madagaskar ternyata memiliki akar yang sama dengan Indonesia. 

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society pada tahun 2012 mengungkapkan fakta menarik ini. 

Para ilmuwan melakukan tes DNA mitokondria pada 266 orang Madagaskar dan 2.745 wanita Indonesia, dan hasilnya menunjukkan kesamaan yang mencengangkan.


Diperkirakan sekitar 1.200 tahun yang lalu, para pelaut berani dari Indonesia berlayar jauh ke samudra, mendarat di pesisir Madagaskar, dan menetap di sana. 

Mereka tidak hanya membawa fisik mereka yang unik, tetapi juga membawa serta sebagian dari budaya dan tradisi mereka yang kaya. 

Salah satunya adalah kultur menanam padi, yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Madagaskar hingga saat ini.


Bahkan, kemiripan tidak hanya terlihat dalam budaya dan genetika, tetapi juga dalam peninggalan arkeologis. 

Kapal kuno dan perkakas logam yang ditemukan di Madagaskar memiliki kemiripan dengan artefak yang berasal dari Indonesia. 

Ini memberikan bukti konkret akan jejak sejarah migrasi yang terjadi pada masa lalu.


Tidak hanya itu, bahasa juga menjadi titik persamaan menarik antara kedua tempat ini. 

Bahasa Madagaskar memiliki kemiripan yang mencolok dengan bahasa yang digunakan di sekitar Sungai Barito, Kalimantan. 

Ini menambahkan lapisan baru dalam misteri ini, menyoroti hubungan yang terjalin secara tersembunyi di antara dua tempat yang terpisah begitu jauh.


Jadi, walaupun Madagaskar dan Indonesia terlihat seperti dua dunia yang berbeda, sejarah yang tersembunyi di baliknya mengungkapkan kisah yang menakjubkan. 

Perjalanan nenek moyang Madagaskar dari Indonesia adalah bukti nyata akan keajaiban migrasi manusia dan hubungan budaya yang mengikatkan berbagai belahan dunia, menjadikannya cerminan dari kompleksitas dan keindahan perjalanan manusia di muka bumi ini.(*)

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA