24 C
id

Harmonisasi Antara Eksekutif dan Legislatif: APBA 2024 Aceh Telah Disahkan

APBA Aceh
Penandatangan pengesahan APBA 2024 oleh TAPA dan Ketua DPRA /Foto : istimewa


AchehNetwork.com - Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, bersama dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Zulfadi, dan Ketua Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA), telah menyaksikan penandatanganan pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2024. Acara penandatanganan tersebut berlangsung di ruang kerja Ketua DPRA pada Jumat (15/3/2024).

Penandatanganan APBA 2024 ini menjadi bukti komitmen Bustami Hamzah untuk mewujudkan harmonisasi di semua lini, khususnya antara jajaran eksekutif dan legislatif Aceh. 

Hal ini sesuai dengan janji Bustami pasca dilantik menjadi Pj Gubernur Aceh.

Dalam kesempatan tersebut, Bustami Hamzah meminta agar TAPA segera menyelesaikan seluruh proses dan tahapan selanjutnya agar APBA 2024 dapat segera direalisasikan. 

Ketua TAPA, Azwardi, menyatakan bahwa setelah ditandatangani oleh Ketua DPRA, APBA tersebut akan segera direalisasikan dalam minggu depan. 

Fokus pertama pihaknya adalah pencairan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN), terutama untuk tenaga kontrak yang sudah tertunda selama dua bulan.

"Insya Allah atas petunjuk dari Pj Gubernur, kami akan segera menyelesaikan dokumen terkait legalitas pencairan gaji tenaga kontrak, dan minggu depan kita akan menyelesaikan kewajiban terhadap ASN dan tenaga kontrak yang ada di Pemerintah Aceh," kata Azwardi.


Tahapan selanjutnya, menurut Azwardi, adalah menyelesaikan Dokumen Pengguna Anggaran (DPA) dan Rencana Kerja Anggaran (RKA). 

"Setelah itu kami akan membuat arus kas dan akan kita kembalikan kepada SKPA untuk dilihat mana yang prioritas untuk dicairkan," tambahnya. Azwardi juga menyatakan bahwa pihaknya akan terus mengawal proses penyelesaian APBA 2024 sehingga persentase realisasi belanja Pemerintah Aceh meningkat.


Sejumlah Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRA turut hadir menyaksikan momen penting ini, antara lain Abdurrahman Ahmad, Ihsanuddin MZ, Tarmizi, Irpanusir, dan Ali Basrah. 

Dari pihak TAPA, hadir Plh Sekda Aceh Azwardi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Mawardi, Asisten Administrasi Umum Iskandar, Kepala Bappeda Aceh Teuku Ahmad Dadek, Plt Kepala BPKA Ramzi, dan Kepala Biro Organisasi Setda Aceh, Daniel Arca. 


Dengan ditandatanganinya APBA 2024, diharapkan akan memberikan dorongan bagi pembangunan dan pelayanan publik di Aceh, serta memperkuat sinergi antara eksekutif dan legislatif dalam menjalankan roda pemerintahan daerah.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll