24 C
id

Kenaikan Harga Daging Sapi Mewarnai Hari Meugang di Banda Aceh dan Aceh Besar

Meugang
Pedagang Daging di Pasar Beurawe/Foto: Pos Aceh


AchehNetwork.com - Harga daging sapi di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar telah mencapai puncaknya, melonjak hingga mencapai Rp 170 ribu per kilogramnya menjelang hari meugang. Kenaikan ini terjadi sebesar Rp 10 ribu dari harga sebelumnya.

Seorang pedagang daging sapi di Pasar Ulee Kareng Ari mengungkapkan bahwa sebelumnya harga daging berkisar sekitar Rp 160 ribu, namun saat ini telah melambung menjadi Rp 170 ribu per kilogramnya.

"Pada hari-hari biasa, harga daging berada di kisaran Rp 150 ribu per kilogram, dan baru-baru ini naik menjadi Rp 160 ribu. 
Hari ini, yang merupakan hari pertama perayaan meugang, harga daging kembali meningkat menjadi Rp 170 ribu per kilogram," ujarnya.

Menurutnya, kenaikan harga ini dipicu oleh lonjakan permintaan daging yang tajam selama perayaan meugang.

Hal ini merupakan hal yang biasa terjadi setiap tahunnya, karena masyarakat Aceh merayakan hari tersebut dengan semangat membeli daging.

Di tempat lain, pedagang daging sapi di Beurawe Kota Banda Aceh, Tgk Maulana, menjelaskan bahwa kenaikan harga tersebut disebabkan oleh peningkatan jumlah pembeli yang datang untuk persiapan meugang.

"Harga daging saat ini mencapai Rp 170 ribu karena merupakan daging dengan kualitas terbaik. Sedangkan untuk daging dengan kualitas nomor dua dan tiga, harganya berkisar antara Rp 150 ribu dan Rp 140 ribu per kilogram. Harga tulang tetap stabil di sekitar Rp 70 ribu per kilogram," katanya.

Sementara itu, pedagang daging sapi di Pasar Lambaro Aceh Besar, Khairul, menyampaikan bahwa harga daging di wilayah tersebut juga mengalami kenaikan menjelang hari meugang, mencapai Rp 170 ribu per kilogram.

Ia juga menjelaskan bahwa harga tersebut hanya berlaku untuk daging dengan kualitas terbaik, sementara untuk kualitas lainnya, memiliki harga yang bervariasi. 

Misalnya, daging dengan kualitas nomor dua berkisar Rp 140 ribu per kilogram dan nomor tiga sekitar Rp 130 ribu per kilogram.

"Kenaikan harga ini hanya berlaku untuk daging dengan kualitas terbaik. Sementara untuk daging dengan kualitas lainnya, tergantung pada pilihan pembeli," tegasnya.(*)

Sumber: Pos Aceh
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA