24 C
id

Pesona Keunikan Air Terjun Lae Une: Wisata Alam Menakjubkan Sumatera Utara

Air Terjun Lae Une
Air Terjun Lae Une/net


AchehNetwork.com - Sumatera Utara memang dikenal dengan pesona alamnya yang memukau, terutama dengan keberagaman air terjun yang tersebar di wilayah ini. 

Setiap air terjun memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri, menawarkan pengalaman berwisata yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Salah satu air terjun yang menjadi sorotan adalah Air Terjun Lae Une, yang terletak di kabupaten baru hasil pemekaran Sumatera Utara. 

Keunikan utama dari air terjun ini adalah alirannya yang mengalir hingga mencapai wilayah Aceh, menempuh jarak sekitar 172 km dari Medan, ibu kota Sumatera Utara.

Air Terjun Lae Une merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di kawasan Pakpak Bharat, yang menjadi hasil dari pemekaran wilayah induk Kabupaten Dairi. 

Kabupaten Dairi sendiri merupakan surganya pemandangan alam yang menakjubkan dan telah menjadi pusat utama pariwisata di Sumatera Utara.

"La Une" merupakan dialek Pakpak yang memiliki arti "sungai", sedangkan "Une" adalah nama asli dari sungai tersebut. 

Menariknya, provinsi Aceh menjadi tempat asal dari Air Terjun Lae Une, menambah daya tariknya sebagai destinasi wisata yang unik.

Air Terjun Lae Une telah lama menjadi favorit warga setempat dan menarik perhatian wisatawan dari berbagai penjuru. 

Meskipun waktu tempuh dari Medan ke tempat wisata ini memakan waktu sekitar enam jam, perjalanan tersebut tetap menyenangkan dengan kondisi jalan yang masih bagus, meskipun harus hati-hati saat melintasi Puncak Sidiangkat, titik awal perjalanan dari Sidikalang.

Tak hanya Air Terjun Lae Une yang menarik, terdapat juga air terjun lain di sekitarnya yang muncul terutama pada musim hujan.

Berada di tengah hutan lebat, Air Terjun Lae Une mengalami penurunan permukaan air setiap tahunnya akibat banjir yang berulang kali.

Bagi pengunjung yang ingin menjelajahi lebih dalam, Air Terjun Lae Une menawarkan pengalaman memancing di sekitar sungainya atau berenang di antara bebatuan yang airnya begitu jernih. 

Namun, perlu diingat bahwa aliran air terjun ini sangat deras, sehingga wisatawan tidak diperbolehkan untuk menyeberangi sungainya demi keselamatan mereka.

Dengan keindahan alamnya yang menawan dan keunikan aliran airnya yang mengalir hingga ke Aceh, Air Terjun Lae Une menjadi salah satu daya tarik utama Sumatera Utara yang patut dikunjungi bagi para pencinta petualangan dan alam.(*)
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA