24 C
id

Pesona Pemandian Air Panas Ie Suuem di Aceh Besar: Oase Keajaiban Alam di Tengah Gunungapi Aktif

Wisata Ie Suum
Wisata Ie Suum Aceh Besar/


AchehNetwork.com - Di tengah hiruk pikuk keseharian, ada tempat istimewa yang menanti untuk dinikmati: Sumber Air Panas Ie Suum.

Terletak di Desa Le Suuem, Kemukiman Krueng Raya, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, destinasi geowisata ini menawarkan kemegahan alam yang luar biasa, hanya sekitar 40 kilometer atau satu jam perjalanan dari Kota Banda Aceh.


Mata Air Panas Ie Suum muncul dari kompleks Gunungapi Seulawah Agam, sebuah gunungapi aktif Tipe A di Aceh. 

Ini adalah salah satu fenomena geologi yang menarik, dimana air panas alami tersebut keluar melalui jalur lemah pada zona releasing bend akibat Sesar Mendatar Ie Suum. 

Diperkirakan banyak mata air panas lainnya juga muncul di sepanjang zona releasing bend tersebut. Tempat ini dapat dijadikan sebagai objek geowisata yang menarik untuk eksplorasi alam dan edukasi geologi.


Untuk mencapai sumber air panas ini, Anda dapat mengikuti jalur Banda Aceh Krueng Raya menuju Lam Teuba atau melalui Bandara Sultan Iskandar Muda. 

Di sini, Anda dapat menikmati kehangatan air panas sambil merasakan keindahan perbukitan yang mengelilingi. 

Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat aliran air panas yang berbentuk saluran kecil di sekitar bukit, mengeluarkan asap kecil yang menambah nuansa mistis.


Dengan suhu sekitar 80-85°C, airnya berlimpah dan memiliki beberapa mata air. Terdapat tiga kolam permanen khusus untuk anak-anak, serta dua kolam untuk pria dan wanita. 

Di setiap kolam, terdapat petugas yang siap membantu pengunjung. Kolam anak-anak memiliki air yang dangkal, sementara kolam dewasa dipisahkan oleh dinding tinggi. 

Untuk menjaga kenyamanan, kaum adam dan hawa dipisahkan di area kolam.


Objek wisata ini buka 24 jam, sehingga Anda dapat menikmati hangatnya air panas bahkan di malam hari. Pada malam hari, wanita diperbolehkan datang asalkan bersama keluarga. 

Para pemuda setempat dengan ramah melayani wisatawan dengan baik.


Air panas di Ie Suum dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan otot yang kaku. 

Testimoni dari masyarakat setempat menunjukkan perubahan signifikan pada penderita saraf kejepit setelah mandi di sini. 

Lokasi ini juga telah diusulkan sebagai warisan geologi dan kawasan cagar alam geologi, menggarisbawahi pentingnya keberadaannya dalam melestarikan keunikan geologi Aceh.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll