24 C
id

Pesona Savana di Bawah Kaki Gunung Taleuk, Keindahan Alam yang Memikat di Pidie


Wisata Pidie
Savana di bawah kaki gunung Taleuk/Foto: Kumparan


AchehNetwork.com - Berada di kaki Gunung Taleuk, Gampong Panton Beunot, Kecamatan Tiro, Pidie, destinasi alam ini sungguh memukau dengan panorama yang menakjubkan. 

Gunung Taleuk menawarkan eksotisme alam yang memikat hati para pengunjungnya.

Tidaklah mengherankan jika Gunung Taleuk di Gampong Panton Beunot, Kecamatan Tiro, Kabupaten Pidie, telah menjadi incaran para pengguna media sosial. 

Keindahan perbukitan dan pemandangan alam yang luar biasa menjadikannya destinasi wajib bagi para pelancong yang ingin mengeksplorasi keindahan alam Pidie.

Dengan jarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Sigli, perjalanan menuju Gunung Taleuk hanya memakan waktu sekitar 50-60 menit. 

Namun, dalam perjalanan tersebut, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang mengagumkan, seperti padang savana yang mirip dengan yang ada di luar negeri.

Gunung Taleuk, yang dikelilingi oleh Gunung Halimon dan Gunung Tangse, menawarkan pengalaman mendaki yang aman namun menantang. 

Jalur pendakian menuju Gunung Taleuk mengikuti aliran Krueng Agam dan menawarkan pemandangan yang memesona sepanjang perjalanan.

Savana Taleuk tidak diragukan lagi keindahannya. Dari setiap sudut, pengunjung bisa mendapatkan latar belakang yang sempurna untuk foto-foto indah. 

Tidak hanya itu, pengalaman melihat rusa di padang savana menambah keistimewaan tersendiri bagi para pengunjung.

Meskipun daerah sekitar Gunung Taleuk dulu dikenal sebagai kawasan konflik, masyarakatnya sangat ramah terhadap para pengunjung. 
Wisata Pidie
Savana di bawah kaki gunung Taleuk/steemit

Untuk mendaki Gunung Taleuk, pengunjung hanya perlu membayar sejumlah kecil uang di pos pendakian desa setempat.

Tidak hanya Gunung Taleuk, perjalanan ke desa-desa sekitarnya juga menawarkan pengalaman yang berkesan. 

Pengunjung dapat mengunjungi Masjid dan Pesantren yang dibangun oleh Pahlawan Nasional, Tgk Chik Di Tiro, sehingga memberikan dimensi sejarah yang berarti bagi perjalanan mereka.

Dukungan dari Pemerintah Daerah Pidie dalam pengembangan wisata alam Taleuk sangatlah penting. 

Melalui promosi dan kerjasama dengan para penggiat wisata lokal, potensi wisata alam Taleuk dapat dikembangkan dengan baik, tanpa perlu melakukan pembangunan infrastuktur yang signifikan.

Kadisparpora Pidie, Edy Saputra, S.IP, MM, menegaskan bahwa Gunung Taleuk merupakan salah satu aset wisata alam yang sangat berharga bagi Pidie dan Aceh secara keseluruhan. 

Dengan dukungan dari semua pihak, pengembangan wisata alam Taleuk akan semakin berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat serta para pengunjung yang datang.(*)

Sumber: Serambinews.com
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA