24 C
id

7 Kota Terbersih di Dunia, Kota yang Terbebas dari Polusi Udara

Kota terbersih di dunia
Ilustrasi kota terbersih di dunia/pixabay


AchehNetwork.com - Kualitas lingkungan yang bersih dan bebas polusi tidak hanya menjadi kebutuhan, tetapi juga menjadi impian bagi banyak orang. 

Menetap atau berkunjung ke tempat dengan udara yang bersih dapat memberikan dampak besar pada kesehatan fisik dan mental seseorang. 

Jika Anda mencari destinasi wisata atau tempat tinggal yang ideal, mempertimbangkan kota-kota terbersih di dunia mungkin bisa menjadi pilihan yang menarik.


Berikut adalah daftar kota-kota terbersih di dunia berdasarkan konsentrasi PM2.5 selama satu tahun pada 2022, merangkum dari laman Airly:


1. Zürich, Swiss

Zürich menempati peringkat tertinggi sebagai kota terbersih di dunia dengan konsentrasi PM2.5 yang sangat rendah, hanya sekitar 0,51 µg/m³. 

Prestasi ini menunjukkan komitmen serius Zürich dalam menjaga kualitas lingkungan dan kesehatan penduduknya.


2. Reykjavik, Islandia

Sebagai ibu kota negara bebas polusi, Islandia, Reykjavik menempati posisi kedua dengan konsentrasi PM2.5 sekitar 1,9 µg/m³. 

Hal ini menunjukkan keberhasilan Reykjavik dalam menerapkan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan.


3. Launceston, Australia

Launceston, kota di utara Tasmania, menempati peringkat ketiga dengan konsentrasi PM2.5 sekitar 3,68 µg/m³. 

Komitmen Launceston dalam mengurangi polusi udara menjadi contoh bagi kota-kota lain di seluruh dunia.


4. Honolulu, Hawaii

Honolulu, destinasi wisata utama, menjadi kota terbersih berikutnya dengan konsentrasi PM2.5 sekitar 4,04 µg/m³ per tahun. 

Keberhasilan Honolulu dalam menjaga lingkungan menjadi contoh bahwa konservasi lingkungan di kota pariwisata adalah hal yang sangat mungkin dilakukan.


5. Bergen, Norwegia

Bergen, kota penuh warna di Norwegia, memiliki udara yang bersih dan sehat dengan konsentrasi PM2.5 sekitar 4,39 µg/m³ per tahun. 

Bergen tidak hanya menjadi tempat yang ideal bagi penduduknya tetapi juga bagi pengunjung.


6. Wollongong, Australia

Selain Launceston, kota lain di Australia, Wollongong, menyandang gelar sebagai kota terbersih dengan konsentrasi PM2.5 sekitar 4,51 µg/m³ per tahun. 

Hal ini menjadikan Wollongong sebagai aset berharga bagi sektor pariwisata Australia.


7. Trondheim, Norwegia

Trondheim, kota yang indah di Norwegia, menempati posisi terakhir dalam daftar ini dengan konsentrasi PM2.5 sekitar 4,77 µg/m³ per tahun. 

Kualitas udara yang bersih membuat Trondheim menjadi destinasi menarik bagi wisatawan dan tempat tinggal yang nyaman bagi penduduknya.


Daftar ini tidak hanya memberikan informasi tentang kota-kota dengan udara terbersih di dunia tetapi juga menginspirasi untuk menjaga lingkungan hidup agar tetap bersih dan sehat untuk generasi mendatang.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya