24 C
id

8 Negara dengan Tingkat Pendidikan Tertinggi di Dunia: Menilik Prestasi Edukasi Global yang Menginspirasi

Negara dengan Tingkat Pendidikan Tertinggi
Ilustrasi Negara dengan Tingkat Pendidikan Tertinggi di Dunia/Pixabay

AchehNetwork.com - Tinjauan Populasi Dunia baru saja merilis daftar negara-negara dengan tingkat pendidikan paling membanggakan di dunia. 

Namun, perlu diingat bahwa angka ini hanya mencakup penduduk usia 25 hingga 64 tahun yang telah menyelesaikan program pendidikan tinggi dalam waktu dua hingga empat tahun. 

Sayangnya, Indonesia tidak termasuk dalam daftar tersebut.


Namun, mari kita lihat daftar yang disajikan oleh A-Z Animals tentang 8 negara dengan tingkat pendidikan tertinggi yang pasti akan membuat Anda terkesan.


8. Finlandia

Negara dengan 43,60% penduduknya berhasil meraih gelar sarjana. 

Meskipun memiliki jumlah universitas dan perguruan tinggi yang lebih sedikit dibandingkan negara lain, Finlandia memiliki 13 institusi universitas dan 22 lembaga universitas ilmu terapan. 

Hal ini menunjukkan kualitas lebih dari kuantitas.


7. Australia

Di sini, sekitar 43,74% dari populasi berusia 25 hingga 64 tahun telah menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana. 

Dengan mayoritas lembaga pendidikan tinggi dimiliki oleh pemerintah, Australia menawarkan pendidikan tinggi yang berkualitas dengan 43 universitas terdaftar, dan 37 di antaranya adalah universitas negeri.


6. Amerika Serikat

Dengan 45,67% dari penduduk usia 25 hingga 64 tahun yang telah menyelesaikan pendidikan tinggi, Amerika Serikat menawarkan beragam pilihan dengan hampir 6.000 lembaga pendidikan tinggi tersebar di lima puluh bagian wilayahnya. 

Tak heran jika MIT, salah satu universitas terkemuka di dunia, berada di sini.


5. Inggris

Dengan 45,96% penduduknya mencapai tingkat pendidikan tinggi, Inggris memiliki warisan pendidikan yang kaya dengan lebih dari 250 perguruan tinggi tersebar di seluruh wilayahnya.


4. Korea Selatan

Hampir separuh dari total populasi Korea Selatan telah menyelesaikan pendidikan tinggi, dengan lebih dari 200 universitas berdurasi empat tahun yang mayoritasnya adalah institusi swasta.


3. Luksemburg

Lebih dari setengah populasi Luksemburg telah menempuh pendidikan tinggi, ditambah dengan dukungan pemerintah yang besar terhadap kegiatan riset dan inovasi.


2. Jepang

Separuh dari penduduknya telah menyelesaikan pendidikan tingkat tinggi dalam waktu dua hingga empat tahun, dengan 807 universitas yang mayoritasnya adalah institusi swasta.


1. Kanada

Dikenal sebagai negara dengan tingkat pendidikan tertinggi di seluruh dunia, Kanada memiliki 56,27% dari populasi usia 25 hingga 64 tahun yang telah menyelesaikan studi tingkat tinggi. 

Dengan lebih dari 400 lembaga perguruan tinggi dan universitas, Kanada memberikan beragam peluang pendidikan tinggi bagi para pelajar.


Inilah bukti bahwa investasi dalam pendidikan dapat mengangkat suatu negara ke tingkat yang lebih tinggi. 

Semoga Indonesia juga dapat mengikuti jejak negara-negara ini dalam meningkatkan tingkat pendidikan di masa depan.(*)

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA