24 C
id

Banda Aceh Meniadakan Takbir Keliling, Namun Diganti dengan Festival Takbir

 

Takbir Keliling Banda Aceh
Ilustrasi/


AchehNetwork.com - Tradisi tahunan pawai takbir keliling yang biasanya menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah di Banda Aceh mengalami perubahan pada tahun ini. 

Absennya pawai takbir keliling disebabkan oleh adanya Festival Takbiran yang akan digelar di lingkungan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.


Menurut Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Saifan Nur, penggantian ini dikarenakan adanya kegiatan festival lain yang akan diadakan di malam takbiran.

 "Memang sudah kita atur tahun ini untuk menggelar festival takbiran, jadi kita tidak akan melakukan pawai takbir keliling seperti biasanya," ujar Saifan.


Pawai takbir keliling dijadwalkan akan kembali digelar pada tahun depan, yakni pada tahun 2025. Sementara itu, Festival Takbiran akan diadakan kembali pada tahun 2026. 

"Kita mencoba untuk menyelang-seling antara pawai dan festival. Tahun ini festival, tahun depan insya Allah pawai, begitu seterusnya," tambah Saifan.


Meskipun tidak ada pawai obor, semangat meriah malam Idul Fitri tetap akan terasa melalui perlombaan takbir di pelataran Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. 

Masyarakat dihimbau untuk hadir dan menyaksikan acara takbiran yang akan berlangsung di sana. "Kami mengharapkan masyarakat datang untuk menyaksikan festival takbiran ini. Pesertanya berasal dari Banda Aceh dan Aceh Besar," tutupnya.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya