24 C
id

Kecelakaan Lalu Lintas Selama Mudik Lebaran Tahun 2024 di Aceh: 51 Kasus Terjadi, 19 Orang Meninggal Dunia

Kecelakaan Aceh
(Foto: Dok. Polisi)


AchehNetwork.com -  Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Aceh mencatat adanya 51 kecelakaan lalu lintas selama periode mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah di wilayah Aceh. 

Data tersebut terkumpul dari rentang waktu 4 hingga 14 April 2024. 

Kombes M Iqbal Alqudusy, Direktur Lalu Lintas Polda Aceh, menjelaskan bahwa dominasi penyebab kecelakaan tersebut adalah perilaku pengemudi yang melanggar aturan, terutama dengan melawan arus.

"Dalam periode tersebut, penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi yang nekat melawan arus," ungkap Kombes Iqbal kepada awak media kemarin.

Selain perilaku melanggar arus, Iqbal juga menyoroti beberapa penyebab lain yang sering terjadi, seperti pengemudi di bawah umur dan penggunaan telepon genggam saat berkendara. 

"Ada juga kasus pengemudi yang ceroboh, seperti tidak memperhatikan kondisi jalan, rambu-rambu lalu lintas, dan mengemudi dengan kecepatan tinggi," tambahnya.

Meskipun demikian, Kombes Iqbal menunjukkan adanya penurunan signifikan sebesar 19 persen dalam kasus kecelakaan lalu lintas dibandingkan dengan periode yang sama pada Lebaran Idul Fitri tahun sebelumnya. 

Pada tahun 2023, terdapat 63 kasus kecelakaan selama periode mudik Lebaran.

"Kami melihat penurunan sebanyak 12 kasus dari tahun sebelumnya," jelas Iqbal.

Menurut data yang dirilis, jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan juga menurun, dari 31 orang pada tahun sebelumnya menjadi 19 orang pada tahun ini. 

Sedangkan korban luka berat juga mengalami penurunan drastis, dari 23 orang menjadi delapan orang.

"Diperkirakan total kerugian akibat kecelakaan pada tahun ini mencapai Rp 154 juta, menurun sekitar Rp 300 juta dibandingkan dengan tahun lalu," tambahnya.

Kombes Iqbal juga memaparkan bahwa sebagian besar kasus kecelakaan terjadi di wilayah Aceh Selatan, dengan tujuh kasus, dan Aceh Barat Daya (Abdya), dengan lima kasus.

Data ini menunjukkan pentingnya kesadaran dan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas untuk mencegah terjadinya kecelakaan, terutama saat musim mudik seperti Lebaran Idul Fitri.(*)/

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya