24 C
id

Keindahan Pantai Momong di Aceh Besar: Pantai yang Tersembunyi di Balik Bukit di Tepi Samudera

Pantai Momong
Pantai momong/steemit


AchehNetwork.com - Bicara soal pantai di Aceh Besar, rasanya tak akan pernah habis. 

Dari Pantai Lampuuk yang terkenal, Lhoknga yang memesona, hingga Pulau Kapuk dan Ujung Batee, semuanya bisa dengan mudah ditemukan di sini. 

Namun, di antara keindahan yang sudah dikenal luas, terdapat juga pantai-pantai tersembunyi yang belum banyak tersentuh oleh jejak wisatawan, menyuguhkan pemandangan khas yang indah dan eksotis.

Salah satu dari pantai-pantai tersembunyi ini adalah Pantai Momong. 

Keistimewaannya terletak pada lanskapnya yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi, menjadikannya sangat istimewa. 

Namun, keunikannya ini juga membuatnya jarang terjamah, karena pantai ini terselip di balik bukit dan hanya bisa dijangkau melalui jalan bebatuan dan lumpur yang cukup menantang.

Sejak dibuka untuk umum pada pertengahan 2018, Pantai Momong mulai ramai dikunjungi. 

Di sekitarnya, kafe dan resort bernama Eky's Momong telah berdiri, menawarkan pengalaman bersantap yang tak terlupakan. 

Di resort ini, pengunjung bisa menikmati hidangan laut segar, pizza lezat, kelapa muda yang menyegarkan, dan berbagai jenis kopi, sembari menikmati panorama lautan yang memukau dari atas bukit.

Pantai Momong menghadap ke Samudra Hindia, sementara di sebelah kirinya terbentang Pantai Lampuuk yang mempesona, hanya dipisahkan oleh tebing. 

Pantai Lampuuk telah lama menjadi destinasi wisata favorit masyarakat Aceh, namun Pantai Momong menawarkan suasana yang lebih tenang dan sunyi bagi mereka yang mencari ketenangan.

Eky, pemilik resort Eky's Momong, mengatakan bahwa wisatawan mulai datang ke pantai ini setelah akses jalan dibuka. 

Meskipun jalan menuju pantai belum sepenuhnya mulus, minat pengunjung tetap tinggi, terutama karena keunikan pantai yang masih tergolong baru ini. Tentang asal-usul nama "Momong", menurut Eky, nama tersebut berasal dari kata "mon" atau "sumur" dalam bahasa Aceh, mengingat banyaknya galian seperti sumur di sekitar pantai ini.

 Seiring waktu, masyarakat setempat kemudian mengadaptasi nama tersebut menjadi "Momong".

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih sekitar 300 meter di bawah bukit. Pengunjung dapat dengan bebas berpose dengan latar belakang bukit atau Samudra Hindia yang menakjubkan. 

Meskipun demikian, berenang tidak disarankan karena pantai ini banyak dihiasi oleh batu-batu besar dan tajam.

Namun, tak perlu khawatir, pengelola Eky's Momong telah menyediakan kolam renang khusus untuk anak-anak yang aman dari ombak laut. 

Selain pasir putih yang memesona dan air laut yang jernih, di Pantai Momong juga terdapat benteng atau bunker peninggalan tentara Jepang yang masih kokoh, tersebar di beberapa titik tidak jauh dari pinggir pantai.

Pantai Momong terletak di Meunasah Balee, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. 

Untuk mencapainya, diperlukan perjalanan sekitar 45 menit dari Kota Banda Aceh. 

Perjalanan menuju pantai memang melelahkan, dengan jalan setapak yang menanjak, berbatu, dan berlumpur sepanjang 800 meter. 

Namun, semua kelelahan itu terbayar lunas dengan kecantikan Pantai Momong begitu tiba di sana.

Saat sampai di persimpangan menuju Pantai Momong, pengelola telah menyediakan papan petunjuk arah. 

Biaya parkir dan retribusi yang cukup terjangkau, sekitar Rp5.000, sudah cukup untuk menikmati keindahan alam Pantai Momong ini.

Destinasi wisata Pantai Momong buka untuk umum mulai pukul 08.00 WIB hingga menjelang Maghrib. 

Meskipun medan perjalanan yang berat, pesona Pantai Momong yang cantik dan tenang membuat setiap perjuangan untuk mencapainya terasa sangat berharga.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya