24 C
id

Menjelajah Keindahan Teras Sawah Honghe Hani: Mahakarya Tiongkok yang Menembus Awan

Teras Sawah Honghe Hani
Teras Sawah Honghe Hana/Yt Jelajah Bumi


AchehNetwork.com - Indonesia, sebuah negara kepulauan yang melintasi garis khatulistiwa dengan iklim tropisnya, dikenal juga sebagai negara agraris. 

Mata pencaharian banyak masyarakat Indonesia serta pemenuhan pangan berasal dari sawah. 

Namun, ketika berbicara tentang sawah terluas, ternyata Indonesia harus menyerahkan gelar tersebut kepada tetangga sebelah, Cina.

Bertempat di Prefektur Honghe, Kabupaten Yuanyang, Yunnan, Cina, terdapat sebuah keajaiban alam yang mencuri perhatian dunia: Teras Sawah Honghe Hani. 

Ukurannya yang luas dan tampilan bertingkat-tingkatnya menjadi daya tarik utama dari sawah ini.

Dilaporkan oleh Chanel YouTube @JelajahBumi, Teras Sawah Honghe Hani membentang seluas 1 juta hektar, meliputi 82 desa di empat kabupaten. 

Kabupaten Yuanyang sendiri memiliki bagian terluas dari sawah ini, dengan penduduk sekitar 370.000 orang.

Terletak di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, sawah bertingkat ini sering diselimuti oleh awan dan kabut tipis, menciptakan efek dramatis seolah-olah sawah tersebut menembus langit. 

Sejarah mencatat bahwa keindahan ini telah berlangsung selama 1.300 tahun, sebuah bukti nyata kegigihan dan kejeniusan orang-orang Tiongkok masa lampau.

Teras Sawah Honghe Hani bukan hanya sekadar ladang pertanian, tetapi juga merupakan sebuah karya seni alam yang menakjubkan. 

Mozaik warna-warni yang tercipta dari bentangan sawah ini menciptakan pemandangan yang memukau.

Pengelolaan lahan yang harmonis antara manusia dan lingkungan di sini juga merupakan contoh nyata kebijaksanaan ekologis. 

Orang-orang Hani, salah satu etnis minoritas di Cina, telah membangun parit dan kanal untuk mengairi sawah teras mereka, memanfaatkan mata air dari pegunungan dan hutan sejak zaman kuno.

Pada tahun 2013, sekitar 16.603 hektar lokasi sawah telah dipahat oleh para petani Hani, mewariskan tradisi ini dari generasi ke generasi. 

Keindahan dan keunikan Teras Sawah Honghe Hani telah diakui oleh UNESCO, yang menjadikannya sebagai salah satu situs warisan dunia.

Inilah bukti bahwa keindahan alam dan kebijaksanaan manusia dapat bersatu dalam sebuah mahakarya alam yang memukau dan menginspirasi bagi generasi masa kini dan yang akan datang.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya