24 C
id

Menjelajahi Keindahan Minangkabau: 9 Destinasi Wisata Imperdible di Sumatera Barat

wisata sumatera barat
Lembah Harau/fin.co.id


AchehNetwork.com - Indonesia, dengan kekayaan budayanya yang tiada tara, menawarkan sebuah perjalanan yang tak terlupakan di Nagari Minangkabau, Sumatera Barat. 

Tempat ini melahirkan sejumlah destinasi wisata menakjubkan yang menantang untuk dieksplorasi, menawarkan kombinasi alam yang memukau dan warisan budaya yang kaya. 

Berikut adalah beberapa tempat yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi ranah Minang yang kaya akan keindahan alam dan budaya:


1. Panorama Ampangan

Terletak di Awa Kuniang, Payakumbuh, tempat ini menawarkan pemandangan memukau dari ketinggian. 

Spot-spot foto menarik tersedia di sini, menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan. Biaya tiket masuk terjangkau sekitar Rp7.000.


2. Padang Mangate 

Hamparan dataran hijau yang luas di Jalan Padang Mengatas, Mungol, Kabupaten 50 Kota, menyerupai keindahan alam Eropa. 

Pemandangan yang disempurnakan dengan kehadiran sapi-sapi yang menghiasi lanskap, tanpa biaya masuk.


3. Bukit Bulek Taram

Terkenal dengan batu-batu besar berbentuk lonjong dan kolam ikan air tawar di Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten 50 Kota, tempat ini menawarkan panorama alam yang indah dan menarik minat para wisatawan.


4. Lembah Harau

Tebing-tebing tinggi dengan padang rumput luas menakjubkan pengunjung di Lembah Harau, Tarantang, Sumatera Barat. Pemandangan yang memanjakan mata dan memikat hati.


5. Gua Ngalau Seribu

Terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten 50 Kota Sumatera Utara, gua eksotis ini menambah pesona dengan susunan batu yang rapi. Disarankan untuk menyewa guide agar perjalanan aman dan nyaman.


6. Bukit Batu Manda

Di daerah Balubuih, bukit ini menawarkan spot foto kekinian dengan ketinggian sekitar 550 mdpl. Hanya perlu membayar parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.


7. Air Terjun Lubuak Bulan

Terletak di Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten 50 Kota Sumatera Barat, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan air yang sangat jernih.


8. Pemandian Batang Tabik

Air segar langsung dari mata air di Desa Sungai Kamuyang, Kecamatan Luak, Kabupaten 50 Kota, menambah daya tarik tempat ini.


9. Kapalo Banda Taram

Danau yang menakjubkan dengan hutan yang mengelilingi di Taram Payumbabupaten 50 Kota, cocok untuk bersantai bersama keluarga dan menikmati alam.


Dengan keindahan alam dan kekayaan budaya yang luar biasa, Sumatera Barat menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya. 

Nikmati petualangan Anda di ranah Minang yang menawan ini!(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya