24 C
id

Fatule’u, Petualangan Misteri dan Keindahan di Puncak Bukit Batu Tertinggi yang Memaukau

 

Wisata Kupang
Bukit Batu Fatule’u/Foto: Indonesia Kaya


AchehNetwork.com - Fatule’u, sebuah bukit batu yang menjulang tinggi dengan ketinggian 1.111 Mdpl, tersembunyi di wilayah Desa Nunsaen, Kecamatan Fatule’u Tengah. 

Nama Fatule’u sendiri membawa arti khusus dalam Bahasa Dawan/Atoin Meto, yaitu "Batu Keramat". Kehadirannya dijamin akan memberikan pengalaman yang mistis dan menantang, dengan trek pendakian yang curam bahkan hampir vertikal.


Gunung ini bukan hanya sekadar landmark alam biasa. Konon, beberapa peristiwa besar dalam sejarah dicirikan dengan longsor batu dari dinding atau puncak Fatule’u. 

Mulai dari berpulangnya mantan Presiden Soekarno hingga peristiwa gempa dan tsunami Aceh, keberadaan Fatule’u selalu menyimpan cerita mistis. 

Namun, justru aura misteri itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para petualang, baik dari dalam maupun luar kota.


Mendaki Fatule’u bukanlah tugas yang mudah. Pengunjung disarankan untuk menggunakan jasa guide lokal, salah satunya adalah Martin Suan, seorang anak kecil yang lincah dan berpengalaman dalam mengantarkan pendaki. 

Dengan jam terbang tinggi, Martin dapat mengantarkan pengunjung naik turun gunung hingga 3 kali sehari. 

Pendakian menuju puncak membutuhkan waktu sekitar 1,5-2 jam, tergantung pada kondisi fisik masing-masing pendaki. 

Jalur pendakian yang curam dengan bebatuan cadas menantang adrenalin dan mental para pendaki, namun pemandangan indah di atas sana sangat sebanding dengan usaha yang dikeluarkan.


Di puncak Fatule’u, pengunjung disuguhi pemandangan yang memukau. Dari ketinggian 1.000 Mdpl, hamparan hutan hijau yang luas dapat disaksikan mengelilingi gunung ini. 

Tidak hanya itu, panorama Kota Kupang juga terlihat memesona dari atas sana. 

Namun, sebagai bentuk rasa hormat terhadap alam, pengunjung diingatkan untuk tidak meninggalkan jejak apapun di puncak.


Akses menuju Fatule’u dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dari Kota Kupang, dengan perjalanan sekitar 1-2 jam melalui jalan beraspal halus. 

Meskipun belum terdapat transportasi umum langsung menuju lokasi, pengunjung dapat menggunakan jasa ojek atau menyewa kendaraan di Kota Kupang sebelumnya. 

Jalan menuju gunung ini mudah diikuti, dengan petunjuk dari penduduk lokal yang hampir semua mengetahui letaknya.


Fatule’u bukan sekadar destinasi wisata biasa. Ia adalah tempat untuk mencari petualangan, merasakan aura mistis, dan menikmati keindahan alam yang luar biasa. 

Dengan panduan dari para guide lokal, pengunjung dapat menjelajahi keindahan dan keajaiban gunung ini tanpa kekhawatiran. Jadi, siapkan fisik dan mentalmu untuk petualangan seru di puncak Fatule’u yang memukau!(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya