24 C
id

Terhipnotis dengan Keindahan: Puncak Gunung Keutapang, Destinasi Sunset di Aceh Jaya

Wisata Aceh Jaya
Lokasi spot foto Gunong Keutapang/


AchehNetwork.com - Aceh Jaya, sebuah permata di pesisir Barat-Aceh, memang menyimpan daya tarik luar biasa bagi para pelancong. 

Di sana, keindahan alam laut yang masih alami mampu menghipnotis siapa pun yang menginjakkan kaki di tanahnya.

Namun, dari sekian banyak keajaiban alam yang dimiliki Aceh Jaya, kini terungkap satu lagi destinasi yang patut dijelajahi: Puncak Gunung Keutapang. 

Terletak di Desa Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee Calang, tempat ini telah menjadi magnet bagi pencinta alam yang haus akan petualangan.

Puncak gunung yang menjulang tinggi tidak hanya menawarkan panorama alam yang memikat, tetapi juga kesempatan langka untuk menikmati keindahan matahari terbenam dari ketinggian sekitar 20 meter di atas permukaan laut.

Bekas jalan nasional Banda Aceh – Meulaboh, yang dulu terluka parah akibat gelombang tsunami Aceh 2004, kini menjadi saksi bisu kehidupan baru. 

Meskipun belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, setiap sore menjelang malam jalan itu hampir tak bisa dilewati karena dipadati pengunjung yang ingin menikmati keajaiban alam di Pasie Luah.

Salah satu pengunjung, terinspirasi oleh postingan di media sosial, menyempatkan diri bersama keluarga untuk menyaksikan keindahan sunset dari Puncak Gunung Keutapang. 

Mereka tidak sendirian, para remaja juga turut membanjiri tempat ini untuk berfoto dengan latar belakang alam yang memesona.

Namun, harapan para pengunjung masih besar untuk adanya fasilitas tambahan seperti tempat duduk agar pengalaman wisata mereka semakin menyenangkan.

Ketua Pegiat Wisata Aceh Jaya, Almuzzammil, menyatakan bahwa Puncak Gunung Keutapang telah menjadi spot swafoto alami yang paling diminati oleh warga setempat, khususnya di Calang. 

Keunggulan tempat ini tidak hanya terletak pada keindahan alamnya, tetapi juga aksesnya yang dekat dengan ibu kota Calang dan jalur yang tidak terganggu oleh kendaraan lain.

Meskipun demikian, tantangan bagi pemerintah setempat tidak ringan. Meskipun telah ada puluhan objek wisata alami di Aceh Jaya, pengelolaannya belum maksimal. 

Kekurangan fasilitas dan pengawasan yang kurang dapat menghambat perkembangan pariwisata lokal.

Namun, optimisme masih menggema. Para penggiat wisata dan masyarakat setempat terus berusaha memajukan destinasi ini secara swadaya. 

Mereka berharap agar pemerintah dapat berperan lebih aktif dalam mengembangkan potensi wisata Aceh Jaya, sehingga tidak hanya menjadi harapan semata.

Tantangan demi tantangan mungkin akan terus ada, namun dengan semangat bersama, mungkin suatu hari nanti Aceh Jaya akan menjelma menjadi tujuan wisata yang tidak hanya indah secara alami, tetapi juga terkelola dengan baik, memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan bagi daerah tersebut. 

Kita tunggu bersama bagaimana aksi nyata akan mengubah mimpi menjadi kenyataan.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya