24 C
id

Nusa Penida: Surga Tersembunyi di Tengah Laut Bali, Panduan dan Penginapan

Nusa Penida
(Foto: google maps)


AchehNetwork.com - Nusa Penida, sebuah pulau indah yang terletak di tenggara Bali, menawarkan kecantikan alam yang menakjubkan bagi siapa saja yang berkunjung. 

Baik Anda hanya ingin singgah sebentar atau menginap beberapa hari, pengalaman santai di sini akan memberikan kenangan tak terlupakan. 

Bagi para penyelam, Nusa Penida memiliki beberapa titik selam yang populer dengan ikan tropis, karang indah, dan mungkin bahkan bangkai kapal. 

Sementara bagi pecinta daratan, pantainya dengan pasir putihnya menjanjikan pemandangan sempurna dengan tumbuhan asli dan beragam spesies burung. 

Berikut adalah hal-hal menarik yang ditawarkan Nusa Penida bagi para wisatawan petualang di pulau cantik ini.


Tentang Nusa Penida


Sebagai sebuah surga tersembunyi, Nusa Penida menawarkan pelarian dari keramaian pulau utama Bali. 

Dikenal sebagai suaka bagi burung-burung dan tebing-tebing karang yang menakjubkan, pulau ini menawarkan pesona alam yang memikat. 

Dengan luas lebih dari 79 kilometer persegi, perjalanan ke Nusa Penida adalah petualangan yang harus dicoba. 

Terpisah dari Bali oleh Selat Badung, Nusa Penida memiliki desa-desa kecil yang menawarkan penginapan, toko lokal, dan tempat makan dengan berbagai kuliner Indonesia. 

Budaya di sini juga berbeda sedikit dari pulau utama, dengan dialek dan kebiasaan yang khas.


Panduan untuk Mengunjungi Nusa Penida


Bepergian ke Nusa Penida cukup mudah dengan menyeberangi Selat Badung selama 30-40 menit.

 Ada beberapa opsi transportasi dari Bali menuju Nusa Penida. Dari Padang Bai, wisatawan dapat menggunakan ferry umum dengan biaya sekitar IDR 30.000 sekali perjalanan. 

Ada juga kapal-kapal tur yang menawarkan perjalanan rutin ke pulau ini, dilengkapi dengan narasi yang menginformasikan sejarah dan budaya Nusa Penida.


Berkeliling di Sekitar Nusa Penida


Meskipun Nusa Penida menjadi tujuan populer, jalanan di sekitar pulau masih kasar. 

Banyak wisatawan memilih untuk menyewa sepeda atau sepeda motor untuk berkeliling, karena perjalanan dengan mobil cukup sulit. 

Ada juga opsi untuk menyewa perahu pribadi untuk fleksibilitas yang lebih besar.


Rencanakan Berapa Lama akan Tinggal di Nusa Penida


Dengan begitu banyak tempat yang belum tersentuh untuk dijelajahi, disarankan untuk menghabiskan setidaknya tiga hari di Nusa Penida. 

Meskipun mengunjungi pulau ini satu hari juga mungkin, tetapi banyaknya tempat menarik akan membuat Anda ingin tinggal lebih lama.


Hotel di Nusa Penida


Nusa Penida menawarkan berbagai pilihan akomodasi. 

Mulai dari Road Beach Hotel yang minimalis, The Angkal Resort yang mewah dengan pemandangan laut yang menakjubkan, hingga Bunda 7 Bungalows yang menyediakan tempat istirahat yang nyaman dan simpel. 

Pilihlah yang sesuai dengan preferensi dan anggaran Anda.


Wisata di Nusa Penida


Selain pantainya yang indah, Nusa Penida juga menawarkan berbagai atraksi wisata seperti Pantai Teluk Kristal yang menawarkan panorama menakjubkan, Kelingking ‘T-Rex’ yang merupakan ikon pulau ini, dan Air Terjun Peguyangan yang menakjubkan. 

Juga jangan lewatkan untuk menyelam di Teluk Manta dan Blue Corner, tempat yang menakjubkan bagi para penyelam dengan berbagai tingkat keahlian.

Dengan keindahan alamnya yang memukau dan berbagai kegiatan menarik yang ditawarkan, Nusa Penida adalah destinasi yang sempurna bagi mereka yang ingin berpetualang di Bali.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya