24 C
id

Curug Ngebul, Wisata Alam di Cianjur yang Mempesona


Curug ngebul
Curug Ngebul/googlemaps



AchehNetwork.com - Air terjun Curug Ngebul telah menjadi ikon keindahan alam yang memukau di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 


Keunikan air terjun ini tidak hanya terletak pada kecantikan alamnya yang menakjubkan, tetapi juga pada fenomena misterius yang terjadi di sekitarnya.


Dengan tingginya air terjun yang menjulang dan kolam alami yang luas, Curug Ngebul memang menawarkan pemandangan alam yang memukau. 


Namun, apa yang membuatnya begitu istimewa adalah kabut yang selalu mengelilinginya. 


Fenomena ini terjadi karena percikan air terjun yang jatuh dari ketinggian, menciptakan atmosfer misterius yang memukau pengunjung.

Tersembunyi di Kampung Rawasoro, Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Curug Ngebul menjadi tempat tujuan wisata yang diminati oleh banyak orang. 

Lokasinya yang berada di perbatasan antara Kabupaten Bandung dan Cianjur menambah kesan petualangan bagi para pengunjung.


Ada beberapa rute yang dapat ditempuh untuk mencapai Curug Ngebul. 

Mulai dari melalui Kecamatan Sukanegara, Kecamatan Pagelaran, atau melalui Pasir Kuda. 

Namun, untuk yang memilih melalui Kecamatan Pagelaran, petunjuk jalan dapat ditemukan dengan berbelok di Cipari dan menuju Desa Bunijaya. 

Dari sana, petunjuk selanjutnya dapat ditemukan dengan menanyakan kepada penduduk sekitar karena petunjuk jalan yang tersedia masih minim. 

Disarankan untuk menggunakan motor atau kendaraan roda dua karena kondisi jalan yang semakin mendekati Curug Ngebul kurang begitu baik.

Meskipun begitu, harga tiket masuk yang terjangkau hanya sebesar Rp 10 ribuan membuat pengalaman menikmati keindahan alam Curug Ngebul menjadi lebih terjangkau. 


Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga dapat menikmati aktivitas menantang seperti wall climbing langsung di tebing aslinya. 

Namun, untuk melakukan aktivitas ini, diperlukan pengalaman dan perlengkapan keamanan yang memadai.


Bagi yang ingin menikmati keindahan Curug Ngebul lebih lama, tersedia juga fasilitas camping ground. 

Pengunjung dapat membawa tenda dan peralatan lainnya untuk berkemah di lapangan berumput yang berlokasi di sekitar air terjun.

Fasilitas di Curug Ngebul juga cukup lengkap, termasuk kamar mandi umum yang bersih dan sejumlah saung untuk bersantai. 

Terdapat pula warung yang menyediakan makanan dan minuman bagi pengunjung yang ingin mengisi perut setelah beraktivitas di sekitar air terjun.

Dengan keindahan alamnya yang memukau dan atmosfer mistis yang kental, Curug Ngebul tetap menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Cianjur.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya