24 C
id

Daftar 5 Provinsi Terkaya di Indonesia Berdasarkan APBD 2023, Rata-rata di Luar Pulau Sumatera

Provinsi Terkaya
Ilustrasi/Foto via Sindonews.com


AchehNetwork.com - Indonesia, dengan keragaman provinsinya, memiliki potensi ekonomi yang berbeda-beda di setiap daerah. 


Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, beberapa provinsi tercatat memiliki Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang tinggi, mencerminkan kekuatan ekonomi dan kapasitas fiskal mereka. 

Berikut adalah lima provinsi terkaya di Indonesia berdasarkan APBD tahun 2023.


1. DKI Jakarta


Provinsi DKI Jakarta, yang juga merupakan ibu kota negara, menempati posisi teratas dengan APBD 2023 mencapai Rp 74,38 triliun. 

Angka ini menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun 2022, mencerminkan aktivitas ekonomi dan pendapatan daerah yang terus bertumbuh. 

Jakarta sebagai pusat bisnis dan pemerintahan memainkan peran vital dalam perekonomian nasional, dengan kontribusi signifikan dari sektor jasa, perdagangan, dan industri.


2. Jawa Barat

Jawa Barat berada di urutan kedua dengan pendapatan APBD 2023 sebesar Rp 34,14 triliun. 

Provinsi ini dikenal sebagai provinsi terpadat dan salah satu yang terbesar di Indonesia. 

Pertumbuhan ekonomi Jawa Barat didorong oleh sektor manufaktur, perdagangan, dan pertanian, serta adanya sejumlah kawasan industri besar yang berkontribusi pada pendapatan daerah.


3. Jawa Timur

Jawa Timur menduduki posisi ketiga dengan APBD 2023 mencapai Rp 29,84 triliun. 

Pertumbuhan ekonomi di provinsi ini terus meningkat, didukung oleh sektor pertanian, perdagangan, industri, dan jasa. 

Surabaya, sebagai ibu kota provinsi, juga merupakan salah satu kota dengan kontribusi ekonomi terbesar di Indonesia.


4. Jawa Tengah

Di urutan keempat, ada Jawa Tengah dengan APBD 2023 sebesar Rp 26,19 triliun. Provinsi ini dikenal dengan potensi agrarisnya serta industri manufaktur yang berkembang pesat. 

Selain itu, sektor pariwisata juga berperan penting dalam perekonomian Jawa Tengah, dengan berbagai destinasi wisata terkenal seperti Candi Borobudur dan Dieng.


5. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur menempati posisi kelima dengan APBD 2023 mencapai Rp 14,62 triliun. 

Provinsi ini merupakan salah satu daerah penghasil sumber daya alam terbesar di Indonesia, terutama dari sektor pertambangan dan energi. 

Selain itu, dengan rencana pemindahan ibu kota negara ke wilayah ini, potensi ekonominya diperkirakan akan semakin meningkat.


Provinsi-provinsi ini menunjukkan kapasitas fiskal yang kuat dan potensi ekonomi yang besar, menjadikan mereka kontributor utama bagi perekonomian Indonesia. 

Dengan pengelolaan anggaran yang efektif, diharapkan provinsi-provinsi ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat lebih luas bagi masyarakatnya.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya