24 C
id

Delegasi World Water Forum 2024 Akan Menyambangi Tempat-tempat Wisata Tersembunyi di Bali

Danau Batur Bali
Danau Batur Bali/Foto: Traveloka.com


AchehNetwork.com - Kemeriahan World Water Forum 2024, yang akan digelar pada 18 hingga 25 Mei 2024, menjadi sorotan karena Indonesia dipilih sebagai tuan rumah acara prestisius ini. 


Dengan tema "Water for Shared Prosperity" atau Air untuk Kesejahteraan Bersama, forum ini akan menjadi panggung bagi kepala negara, pembuat kebijakan, pemerintah daerah, ahli, pengusaha, organisasi, dan masyarakat sipil yang prihatin terhadap kelestarian air dunia.


Setelah serangkaian acara dalam World Water Forum ke-10 berakhir, para peserta akan diajak dalam field trip yang mempesona untuk menikmati pesona alam Bali. 

Salah satu destinasi yang akan mereka kunjungi adalah Danau Batur.


Indonesia memang dikenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa, termasuk lebih dari 840 danau dengan berbagai tipe di seluruh negeri.


Danau Batur, yang terletak di lereng Gunung Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, adalah salah satu contohnya. 

Danau ini bukan hanya merupakan kaldera aktif yang berada pada ketinggian 1.031 meter di atas permukaan laut, tetapi juga memiliki fungsi penting dalam irigasi dan sebagai tempat berbagai upacara keagamaan Hindu.


Berikut beberapa fakta menarik tentang Danau Batur yang akan menjadi perhentian para delegasi:


1. Kawasan Geopark

Danau Batur dan Gunung Batur di Kintamani, Bali, diakui sebagai UNESCO Global Geopark pertama di Indonesia pada 21 September 2015. 

Pengakuan ini menegaskan keindahan dan keunikan geologi, ekologi, arkeologi, serta nilai sejarah dan budaya yang dimiliki oleh kawasan ini.



2. Danau Terbesar di Bali

Danau Batur adalah danau terbesar di Pulau Dewata, Bali. Dengan luas permukaan air mencapai 16,05 km persegi dan kedalaman rata-rata 50,8 meter, danau ini merupakan salah satu daya tarik utama pariwisata Bali.



3. Patirtaan yang Penting

Danau Batur memiliki 11 patirtaan atau sumber air yang berperan penting dalam kehidupan masyarakat Bali. Setiap patirtaan memiliki fungsi tersendiri, mulai dari mengairi sawah hingga menjadi tempat suci untuk melakukan ritual keagamaan dan penyembuhan penyakit.



4. Daya Tarik Wisata

Selain panorama alam yang memukau, Danau Batur juga menawarkan berbagai fasilitas wisata, termasuk pemandian air panas alami di Batur Natural Hot Spring dan Toya Devasya Hot Spring Wellness Resort. 


Museum Geopark juga menjadi destinasi menarik untuk memahami lebih dalam keanekaragaman hayati dan budaya di sekitar danau.



5. Harga Tiket Masuk

Bagi yang tertarik mengunjungi Danau Batur, tiket masuk kawasan wisata hanya seharga Rp15.000 per orang. 

Sementara untuk menikmati pemandian air panas, biayanya sekitar Rp60.000 per orang. Jika ingin menjelajahi danau dengan perahu, Anda bisa menyewanya dengan tarif sekitar Rp500.000 per kapal untuk kapasitas hingga 7 orang.


Kunjungan ke Danau Batur tidak hanya akan memberikan pengalaman wisata yang memukau, tetapi juga menjadi kesempatan untuk belajar lebih dalam tentang pentingnya air dalam kehidupan dan bagaimana kita dapat menjaga kelestariannya. 

Jadi, siapkah Anda untuk menjelajahi keindahan Danau Batur di Bali?

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya