24 C
id

Keindahan dan Misteri Kota Kuno Petra, Kota yang Terukir di Tebing Batu Merah di Yordania

Kota Kuno Petra
Salah satu bangunan yang terukir di tebing batu di Kota Kuno Petra/Foto: GlobeRovers


AchehNetwork.com - Petra, sebuah kota kuno yang tersembunyi di dalam gurun Yordania, mengundang pengunjung untuk merasakan pesona dan sejarahnya yang kaya. 

Dengan tebing-tebing batu merah yang menjulang tinggi, kota ini menampilkan arsitektur yang menakjubkan, di mana setiap goresan batu menceritakan kisah masa lalu yang luar biasa.

Kota Kuno Terukir dalam Batu

Petra, didirikan oleh bangsa Nabatea pada abad ke-5 SM, memikat mata dengan kemegahannya yang unik. 

Arsitektur yang mempesona ini terpahat indah di dalam batu merah padas yang melimpah di wilayah gurun. 

Dari kediaman hingga kuil, struktur-struktur megah ini menyatu dengan lanskap, menciptakan panorama yang tak terlupakan di tengah padang pasir.

Keberagaman Budaya dalam Batu

Pesona Petra tidak hanya terletak pada keindahan alamnya, tetapi juga pada kekayaan budaya yang tercermin dalam arsitekturnya. 

Gaya Yunani, Romawi, Mesir, dan Timur Tengah berpadu harmonis, menciptakan perpaduan budaya yang memesona bagi para pengunjung yang datang dari berbagai penjuru dunia.


Al-Khazneh: Rahasia Tersembunyi di Dalam Batu

Salah satu keajaiban Petra yang paling terkenal adalah Al-Khazneh, atau yang lebih dikenal sebagai "The Treasury." 

Monumen megah ini, yang tersembunyi di ujung Siq, ngarai sempit yang membentang sejauh 1,2 kilometer, menjadi lambang kota ini. 

Dengan detail arsitektur yang menakjubkan dan hiasan yang memikat, Al-Khazneh menyajikan pengalaman visual yang memukau bagi setiap pengunjung yang melihatnya.


Siq: Gerbang Misterius ke Petra

Siq, ngarai yang sempit dan panjang yang mengarah ke Al-Khazneh, membuka pintu gerbang utama ke Petra. 

Dikelilingi oleh dinding batu yang tinggi, Siq menawarkan perjalanan yang magis melalui koridor alam yang mempesona. 

Ketika matahari terbenam, perubahan warna batu merah yang spektakuler menciptakan pemandangan yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Kota kuno Petra
Kem Permukiman Suku Badui/Foto: GlobeRovers


Monasteri Ad-Deir: Pesona di Puncak Bukit

Tak jauh dari pusat kota Petra, Monasteri Ad-Deir menjulang gagah di puncak bukit. 

Meskipun perjalanan menuju monasteri ini menantang, pemandangan dari atas bukit dan keindahan struktur yang terpahat dalam batu membuatnya layak untuk dijelajahi.



Wadi Rum: Keindahan Gurun Batu

Wadi Rum, atau dikenal sebagai "Valley of the Moon," adalah surga gurun batu yang terletak dekat dengan Petra. 

Dikelilingi oleh tebing-tebing merah dan pasir emas, Wadi Rum menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan bagi para petualang. 

Banyak wisatawan memilih untuk menjelajahi wilayah ini dengan naik unta atau kendaraan 4x4, menambahkan sensasi petualangan yang tak terlupakan di Yordania.



Petualangan Tak Terlupakan di Petra

Petra bukan hanya sekadar destinasi arkeologi, tetapi juga merupakan tempat yang memancarkan keajaiban alam dan sejarah. 

Dari misteri Siq hingga keagungan Al-Khazneh, setiap langkah di kota ini membawa pengunjung lebih dalam ke dalam cerita dan keajaiban masa lalu.



Kunjungan ke Petra tidak hanya menghadirkan perjalanan fisik, tetapi juga memperkenalkan pengunjung pada petualangan spiritual dan sejarah yang tak terlupakan.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya