24 C
id

Kota Tapak Tuan, Kota Lahirnya Legenda Tuan Tapa dan Mitos di Balik Jejak Raksasa

Wisata tapak tuan
Pemandangan kota Tapak Tuan/Fb


AchehNetwork.com - Tapak Tuan, sebuah nama yang merayap dalam legenda dan keindahan alam Aceh Selatan, mengundang para petualang untuk menyelami misteri dan keajaiban yang tersembunyi di sana. 

Terletak di Gampong Pasar, Kecamatan Tapak Tuan, Aceh Selatan, tempat wisata alam ini mempesona dengan jejak kaki raksasa yang menjulang di tepi pantai.

Wisatawan yang berkunjung tidak hanya datang untuk sekadar mengabadikan momen, tetapi juga untuk merasakan aura magis yang mengelilingi jejak kaki berukuran besar, dengan lebar 2,5 meter dan panjang 6 meter. 

Diapit oleh gemerlap lautan dan deretan pegunungan Gunung Lampu, Tapak Tuan menawarkan pengalaman yang memukau.

Untuk mencapai jejak kaki raksasa itu, para pengunjung harus menelusuri batuan karang yang berliku. 

Meskipun telah mengalami pemugaran dengan lapisan semen yang melapisi permukaannya, situs ini tetap mempertahankan pesona dan keasliannya.

Tidak hanya itu, sekitar area wisata Tapak Tuan juga disediakan tempat duduk sederhana dari kayu yang menghadap langsung ke lautan, memungkinkan para wisatawan untuk menikmati panorama alam yang menakjubkan.



Legenda Misteri Tapak Tuan


Tapak Tuan
Jejak Kaki Tuan Tapa/reader.id

Keberadaan Tapak Tuan tidak lepas dari kisah mistis yang melekat di dalamnya.

Menurut laman dispar.acehselatankab.go.id, masyarakat setempat menganggapnya sebagai tempat yang sarat dengan aura magis. 

Nama "Tapak Tuan" sendiri memiliki asal-usul dari dua kata, yaitu 'Tapak' dan 'Tuan', yang terkait erat dengan legenda tentang Tuan Tapa.

Legenda ini merupakan cerita rakyat yang diwariskan secara turun-temurun dan masih dipercayai hingga saat ini. 

Misteri jejak kaki raksasa itu diceritakan bermula dari kisah seorang petapa sakti bernama Syekh Tuan Tapa yang memiliki tubuh raksasa.

Syekh Tuan Tapa hidup dalam kesederhanaan dan penuh dengan kekaguman akan Tuhannya. 

Kehidupannya didedikasikan untuk beribadah dan mengabdi kepada Sang Pencipta. 

Legenda mengisahkan bagaimana keberadaannya dan jejak kaki raksasanya menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah Tapak Tuan.


Mitos dan Keajaiban Tapak Tuan


Tidak hanya jejak kaki raksasa yang mempesona, Tapak Tuan juga dipenuhi dengan mitos yang menambah warna pada pengalaman wisata para pengunjung. 

Cerita-cerita tentang pertempuran epik, keajaiban alam, dan misteri yang mengelilingi situs tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong.

Selain itu, terdapat aturan tak tertulis yang dipercayai harus diikuti oleh pengunjung. 

Aturan sederhana tersebut, seperti menjaga sikap rendah hati dan menghormati tempat tersebut, diyakini sebagai cara untuk menjaga keselamatan diri sendiri. 

Mitos ini menambah kesan magis dan memperdalam pengalaman spiritual para pengunjung.

Saat berkunjung ke Tapak Tuan, bukan hanya keindahan alam yang dapat dinikmati, tetapi juga cerita-cerita mistis dan mitos yang membawa para wisatawan pada petualangan yang tak terlupakan. 

Dalam heningnya pantai dan gemuruh ombak, keajaiban Tapak Tuan terus menanti untuk dijelajahi dan dinikmati.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya