24 C
id

Kelezatan Khas Tradisional: Sate Matang, Kuliner Ikonik dari Matang Geulumpang Dua yang Menggugah Selera

Sate Matang
Sate Matang/



AchehNetwork.com - Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Bireuen, Aceh, pastikan untuk tidak melewatkan salah satu ikon kuliner mereka, yaitu Sate Matang. 

Lokasinya yang terkenal berada sekitar delapan kilometer dari pusat Kabupaten Bireuen, Aceh, membuatnya mudah dijangkau bagi para wisatawan yang ingin menikmati cita rasa khas Aceh.

Saat tiba di lokasi, aroma harum dari kepulan asap arang yang membakar potongan daging kambing atau sapi dalam tusukan bambu akan segera menyambut Anda. 

Ini adalah tanda bahwa Anda telah sampai di tempat yang tepat untuk menikmati Sate Matang yang legendaris.

Meskipun namanya adalah Sate Matang, namun bukan berarti sate ini sudah dimasak sampai matang sebelum disajikan. 

Nama tersebut sebenarnya diambil dari daerah asalnya, yaitu Matang Geulumpang Dua, yang menjadi tempat dikenalnya sate ini sejak tahun 90-an.

Matang Geulumpang Dua memang terkenal sebagai pusat kuliner di Kabupaten Bireuen. 

Selama 24 jam, tempat ini hampir tidak pernah sepi dari pengunjung. 

Banyak pelintas antar-kota yang singgah di sini, sebagian besar dari mereka datang dengan tujuan untuk beristirahat sambil menikmati lezatnya Sate Matang. 

Tak heran jika di beberapa warung kopi di sekitar Matang Geulumpang Dua tidak hanya menyediakan kopi saja, melainkan juga hidangan Sate Matang yang menjadi primadona.

Sate Matang memang menjadi kuliner khas yang patut dicicipi ketika mengunjungi Matang Geulumpang Dua. 

Meskipun secara sekilas mirip dengan sate-sate lain di Indonesia, namun dari segi penyajian dan rasa, Sate Matang memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya istimewa. 

Sate Matang tidak hanya disajikan dengan bumbu kacang, melainkan juga disertai nasi dan kuah soto yang menjadikannya terasa lebih gurih dan menggugah selera.

Anda dapat memilih antara daging sapi atau daging kambing sesuai dengan selera Anda. 

Perpaduan cita rasa gurih dari sate dan soto, ditambah dengan kelezatan bumbu kacang yang manis, pastinya akan menghasilkan sensasi rasa yang tak terlupakan. 

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba, pastikan untuk merasakan sensasi yang berbeda ini langsung di tempat asalnya, Matang Geulumpang Dua. 

Dengan begitu, Anda akan memahami mengapa Sate Matang menjadi kebanggaan kuliner dari tanah Aceh.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya