24 C
id

Pesona Pulau Bunta dengan Keindahan Alamnya yang Tiada Tara di Aceh Besar


Pulau Bunta
Pemandangan Laut di Pulau Bunta Aceh Besar


AchehNetwork.com - Pulau Bunta di Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar mempesona dengan keindahan alamnya yang tiada tara. 

Pantainya yang berpasir putih bersih dan air lautnya yang bening biru membuatnya menjadi destinasi yang tak boleh terlewatkan.

Keunikan Pulau Bunta tak hanya terbatas pada keindahan pasir dan air lautnya. 

Di sekitarnya, terdapat kekayaan bawah laut yang menakjubkan, menjadikannya tempat yang sangat diminati untuk aktivitas menyelam, snorkeling, dan memancing. 

Terumbu karang yang subur dipenuhi oleh berbagai jenis biota laut yang mempercantik bawah laut Pulau Bunta.

Meskipun eksotis, Pulau Bunta jarang dikunjungi karena aksesnya yang terbatas. Pengunjung harus menempuh perjalanan menggunakan perahu atau boat untuk mencapainya. 

Namun, kesulitan akses ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang mencari pengalaman petualangan yang berbeda.

Pulau ini hampir sepenuhnya ditumbuhi oleh pohon kelapa, memberikan nuansa tropis yang khas. 

Meskipun tidak banyak, beberapa fauna seperti monyet ekor panjang, tupai, dan katak dapat ditemukan di sini. 

Pulau Bunta juga menjadi tempat singgah bagi berbagai jenis burung, terutama saat musim migrasi. 

Bahkan, kawanan babi hutan pun kadang-kadang terlihat di sekitar pulau.

Salah satu momen yang paling dinanti oleh pengunjung adalah saat matahari terbenam di Ujong Bili, menghadirkan pemandangan yang memukau. 

Kombinasi antara kekayaan alam laut dan daratan punggungan bukit menjadikan Pulau Bunta sebagai destinasi yang patut dikunjungi.

Perjalanan menuju Pulau Bunta membutuhkan persiapan yang matang. Semua kebutuhan dan perlengkapan pribadi harus dibawa, termasuk makanan, minuman, lampu senter, baterai kamera, dan lain sebagainya. 

Karena di pulau ini tidak ada penduduk tetap atau warung, menjadikan pengunjung harus mengandalkan diri sendiri selama berada di sana.

Pulau Bunta dapat dicapai dalam waktu sekitar satu jam perjalanan dari Ujung Pancu menggunakan perahu nelayan. 

Namun, perjalanan ini harus direncanakan dengan baik, mengingat tergantung pada kondisi cuaca dan laut yang kadang-kadang tidak memungkinkan perjalanan. 

Meskipun demikian, semua tantangan dan persiapan yang dilakukan akan terbayar dengan keindahan alam yang memukau saat tiba di Pulau Bunta.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya