24 C
id

Marah-marah ke Petugas Bea Cukai, Pasangan Lansia Ini Buang Tas Bawaan di Bandara karena Tak Mau Bayar Pajak

Bea Cukai
Marah-marah ke Petugas Bea Cukai, Pasangan Lansia Ini Buang Tas Bawaan di Bandara karena Tak Mau Bayar Pajak/


AchehNetwork.com - Kasus penolakan membayar pajak atas barang bawaan dari luar negeri masih kerap terjadi di Indonesia, meskipun aturan terkait biaya pajak atas kelebihan harga barang sudah ada. 

Hal ini terungkap dalam insiden yang melibatkan seorang pasangan lansia di Bandara Soekarno Hatta.

Petugas Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta mencurigai sebuah tas koper milik penumpang dari luar negeri melalui mesin x-ray. 

Saat diperiksa, ternyata dalam koper tersebut terdapat sejumlah tas. 

Petugas kemudian meminta invoice dari tas-tas tersebut, mengingat harga totalnya melebihi batas pembebasan biaya masuk sebesar 500 USD.

Meski diberi penjelasan oleh petugas, pasangan lansia tersebut menolak membayar pajak. 

Mereka bahkan mengklaim bahwa tas yang mereka beli hanya seharga 1000 dolar dan bersikeras bahwa barang yang mereka bawa bukan tas branded melainkan tiruan.

Ketika diminta ke ruang pemeriksaan dan untuk menunjukkan invoice, pasangan tersebut mengaku tidak memiliki invoice karena pembelian dilakukan di pasar luar negeri sebelum kembali ke Indonesia. 

Meskipun petugas kembali menjelaskan kewajiban membayar biaya masuk atas barang bawaan, pasangan tersebut tetap menolak.

Akhirnya, pasangan lansia tersebut memilih untuk meninggalkan tas-tas yang mereka beli kepada petugas Bea Cukai di bandara. 

Mereka tidak memiliki bukti pembelian resmi, sehingga sulit untuk membuktikan harga sebenarnya dan memperoleh pembebasan pajak yang sesuai.

Kejadian ini menyoroti pentingnya kesadaran akan kewajiban membayar pajak atas barang bawaan dari luar negeri sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Selain itu, pembeli juga perlu memastikan bahwa mereka memperoleh bukti pembelian yang sah untuk menghindari masalah serupa di masa depan.(*)

Sumber: Sumber: YouTube 86 & Custom Protection NET

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya