24 C
id

Provinsi Aceh Membentuk Kota Baru: Kota Meulaboh dengan 4 Kecamatan, Berikut Daftar Kecamatannya yang Tergabung

Kota Meulaboh
Pemandangan Kota Meulaboh dilihat dari atas/


AchehNetwork.com - Provinsi Aceh sedang mengembangkan rencana untuk membentuk sebuah kota baru yang diberi nama Kota Meulaboh. 


Rencana ini melibatkan pemekaran dari wilayah Kabupaten Aceh Barat dan akan terdiri dari empat kecamatan yang ada.


Pembahasan mengenai pembentukan Kota Meulaboh telah berlangsung cukup lama, dengan keyakinan bahwa kota ini akan segera terbentuk dengan keberadaan empat kecamatan di dalamnya.

Keempat kecamatan yang dipilih untuk menjadi bagian dari Kota Meulaboh nantinya adalah:


1. Kecamatan Samatiga


Apabila usulan ini disetujui, Kecamatan Samatiga akan menjadi bagian integral dari wilayah Kota Meulaboh, terpisah dari Kabupaten Aceh Barat dan menjadi bagian dari kota baru tersebut.


2. Kecamatan Johan Pahlawan


Begitu pula dengan Kecamatan Johan Pahlawan, jika rencana ini disetujui, akan bergabung dengan wilayah Kota Meulaboh, meninggalkan Kabupaten Aceh Barat untuk menjadi bagian dari kota yang baru terbentuk.



3. Kecamatan Kaway XVI


Usulan ini juga berlaku untuk Kecamatan Kawai XVI, yang akan bergabung dengan Kota Meulaboh apabila rencana pemekaran disetujui.



4. Kecamatan Meureubo


Dan terakhir, Kecamatan Meureubo juga dipilih untuk menjadi bagian dari wilayah Kota Meulaboh, meninggalkan Kabupaten Aceh Barat untuk menjadi bagian dari kota yang baru.


Rencana ini memperlihatkan potensi pembentukan Kota Meulaboh sebagai kota baru di Provinsi Aceh dengan empat kecamatan yang berbeda, seperti yang dilaporkan oleh akun YouTube Atlantis People pada Sabtu, 11 Mei 2024.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya