24 C
id

Ragam Manfaat yang Luar Biasa Air Kelapa Muda dan Kelapa Tua: Lebih dari Sekadar Minuman Segar

Manfaat air kelapa
Ilustrasi kelapa muda dan kelapa tua/pixabay


AchehNetwork.com - Minum air kelapa muda dan air kelapa tua secara rutin telah lama dipercaya memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh, tidak hanya sebagai minuman pelepas dahaga.


Air kelapa muda mengandung beragam mineral, vitamin, gula, serta asam amino esensial. 

Kaya akan nutrisi, minuman ini tidak hanya menyegarkan tetapi juga dianggap memiliki kemampuan menyembuhkan sejumlah penyakit.


Tak kalah pentingnya, daging buah kelapa muda juga memiliki nilai gizi yang signifikan. 

Mengandung asam lemak dan asam amino esensial, daging kelapa muda menjadi tambahan yang bermanfaat bagi tubuh.


Air kelapa muda dikenal memiliki berbagai khasiat, seperti membantu membersihkan cacing perut, berguna bagi penderita kolera, serta dapat mengurangi gejala gatal pada penyakit cacar dan masalah kulit lainnya.

Komposisi mineral dan gula dalam air kelapa muda berpadu secara sempurna, menciptakan keseimbangan elektrolit yang mirip dengan cairan tubuh manusia. 

Tak heran jika air kelapa muda menjadi minuman yang ideal untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan kalium dalam air kelapa muda sangat tinggi, mencapai 7.300 mg/l. Ini menjadikan minuman ini berperan penting dalam meningkatkan frekuensi buang air kecil dan membantu tubuh mengeluarkan obat-obatan dan antibodi yang biasanya diperlukan saat mengatasi infeksi.

Selain itu, air kelapa muda juga diketahui dapat meningkatkan absorbsi obat-obatan dalam darah, serta berfungsi sebagai penangkal penyakit yang disebabkan oleh alkohol dan merokok.

Air kelapa muda juga kaya akan elektrolit seperti kalium, natrium, dan magnesium, yang bermanfaat untuk mencegah dehidrasi ringan serta meredakan mual dan muntah, terutama pada masa kehamilan. 

Ditambah dengan karbohidrat, serat, protein, vitamin C, dan antioksidan, air kelapa muda menjadi pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berbagai manfaat air kelapa muda telah dirangkum oleh situs resmi kesehatan, di antaranya mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), mencegah penyakit kardiovaskular, meredakan diare, mencegah pembentukan batu ginjal, mengontrol kadar gula darah, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, serta meredakan gejala asam lambung.


Sama halnya dengan air kelapa muda, air kelapa tua juga memiliki khasiat yang luar biasa. 

Mengandung asam amino dan berbagai mineral seperti sodium, selenium, fosfor, kalium, dan zinc, air kelapa tua dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengontrol kadar gula darah, serta mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari air kelapa muda dan air kelapa tua, disarankan untuk mengonsumsi langsung dari buahnya tanpa menambahkan gula atau pemanis buatan. 

Dengan begitu, manfaat alami dari kedua jenis air kelapa ini dapat dirasakan secara optimal.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya