24 C
id

Segera Terbentuk 20 Calon Kabupaten dan Kota Otonom Baru di Pulau Sumatera, dari Aceh hingga Lampung

Sumatera
Peta Pulau Sumatera/


AchehNetwork.com - Pulau Sumatera, dengan kekayaan alamnya yang luar biasa, menjadi sorotan bagi banyak orang. 


Tidak hanya dikenal sebagai tujuan wisata yang menakjubkan, tetapi juga menjadi rumah bagi sejumlah calon kabupaten dan kota baru yang akan menambah keberagaman dan potensi wilayah ini.


Dari Aceh hingga Lampung, inilah daftar 20 calon kabupaten dan kota baru di Pulau Sumatera yang menarik perhatian:

1. Kabupaten Aceh Malaka (dari Aceh Utara): Dengan keindahan pantai dan potensi alamnya, Aceh Malaka menjadi potret baru dalam peta administratif Sumatera.


2. Kota Meulaboh (dari Aceh Barat): Terletak di tepi Samudera Hindia, Meulaboh siap menyambut perannya sebagai kota baru dengan pesona pantainya.



3. Kabupaten Delhi (dari Deli Serdang): Menghadirkan nuansa budaya dan sejarah yang kaya, Delhi siap memperluas cakrawala Sumatera Utara.



4. Kabupaten Barus Raya (dari Tapanuli Tengah): Di tengah gemerlapnya Tapanuli, Barus Raya berdiri kokoh menggambarkan pesona danau dan pegunungannya.



5. Kabupaten Pasaman Utara (dari Pasaman Barat): Terletak di perbatasan Sumatera Barat, Pasaman Utara menawarkan potensi pertanian dan keindahan alam yang belum terjamah.



6. Kabupaten Siberut (dari Kepulauan Mentawai): Sebagai bagian dari kekayaan Kepulauan Mentawai, Siberut akan menjadi magnet bagi pecinta ekowisata dan petualangan.



7. Kabupaten Indragiri Utara dan Selatan (dari Indragiri Hilir): Menyambungkan hulu ke hilir, kedua kabupaten ini menjanjikan pemandangan alam yang memesona dan potensi sumber daya yang besar.



8. Kabupaten Bintan Utara (dari Bintan): Menyajikan kemewahan pantai dan kegiatan wisata, Bintan Utara menambah gemerlapnya Pulau Riau.



9. Kabupaten Natuna Selatan (dari Natuna): Dengan keindahan lautnya yang belum tersentuh, Natuna Selatan akan menjadi surga baru bagi penyelam dan penggemar keindahan bawah laut.



10. Kabupaten Gunung Masurai (dari Merangin): Terletak di kaki Gunung Masurai, kabupaten ini menjadi pintu gerbang menuju petualangan dan penemuan alam yang baru.



11. Kota Muara Bungo (dari Bungo): Menghadirkan sentuhan urban di tengah pesona alam, Muara Bungo menjadi magnet bagi pengusaha dan pelancong.



12. Kota Curup (dari Rejang Lebong): Dikelilingi oleh keindahan pegunungan, Curup menawarkan udara segar dan kehidupan yang tenang bagi penduduknya.



13. Kabupaten Bengkulu Barat (dari Mukomuko): Menggabungkan kekayaan alam dan potensi pariwisata, Bengkulu Barat akan menjadi daya tarik baru di Sumatera.



14. Kabupaten Musi Ilir (dari Musi Banyuasin): Dengan melewati aliran sungai besar, Musi Ilir menjadi pusat perdagangan dan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan.



15. Kota Palembang Ulu (dari Palembang): Sebagai perpanjangan dari kota Palembang yang legendaris, Palembang Ulu menjadi pusat inovasi dan kemajuan baru.



16. Kabupaten Bangka Utara (dari Bangka): Dengan kekayaan tambang dan keindahan pantainya, Bangka Utara menawarkan potensi ekonomi dan pariwisata yang besar.



17. Kota Tanjung Pandan (dari Belitung): Sebagai pusat pariwisata di Pulau Belitung, Tanjung Pandan siap menjadi destinasi utama bagi pelancong lokal dan internasional.



18. Kabupaten Natar Agung (dari Lampung Selatan): Terletak di sepanjang pesisir selatan Lampung, Natar Agung menjadi pangkalan bagi industri perikanan dan kegiatan ekonomi lainnya.



19. Kabupaten Lampung Tenggara (dari Lampung Timur): Dengan keindahan perbukitan dan pesona pantainya, Lampung Tenggara menawarkan potensi pariwisata yang belum tergali sepenuhnya.



20. Kabupaten Pesisir Barat (dari Sumatera Barat): Menghadap langsung ke Samudera Hindia, Pesisir Barat menghadirkan potensi pariwisata laut yang melimpah dan keindahan alam yang tiada duanya.



Dengan kehadiran 20 calon kabupaten dan kota baru ini, Pulau Sumatera semakin menegaskan dirinya sebagai salah satu destinasi terkemuka di Indonesia yang kaya akan keindahan alam dan potensi ekonomi yang besar. 

Semoga dengan pertumbuhan ini, Sumatera akan terus berkembang dan memberikan manfaat bagi penduduknya dan negara secara keseluruhan.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya