24 C
id

Tips dan Trik Mengambil Screenshot di PC dan Laptop


Cara screenshot di pc laptop

Sumber: systweaksoftware




AchehNetwork.com - Mengambil tangkapan layar, atau screenshot, telah menjadi kegiatan umum bagi pengguna komputer dan laptop. 


Baik untuk dokumentasi, berbagi informasi, atau menyimpan momen penting, kemampuan untuk mengambil screenshot dengan cepat dan mudah sangatlah berharga. 


Jika Anda ingin menguasai cara mengambil screenshot tanpa ribet di PC dan laptop, berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba.


1. Gunakan Kombinasi Tombol Windows Key + Shift + S


Salah satu cara paling cepat dan mudah untuk mengambil screenshot di sistem operasi Windows adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows Key + Shift + S. 

Metode ini sangat efektif terutama untuk pengguna Windows 10 versi terbaru. Berikut langkah-langkahnya:


  • Tekan dan tahan tombol Windows Key + Shift + S secara bersamaan.
  • Layar akan menjadi redup, dan penunjuk mouse akan berubah.
  • Anda bisa menarik kursor untuk memilih area layar yang ingin diambil.
  • Setelah memilih area yang diinginkan, tangkapan layar akan disalin ke clipboard komputer Anda.
  • Kemudian, Anda dapat menempelkan tangkapan layar tersebut ke program atau aplikasi lain untuk diedit atau disimpan.


Dengan metode ini, Anda bisa mengambil screenshot dengan cepat dan langsung menentukan area yang ingin diambil tanpa perlu melalui langkah tambahan.


2. Manfaatkan Tombol Print Screen (PrtScn)


Meskipun tidak seefisien metode sebelumnya, tombol Print Screen (PrtScn) tetap menjadi pilihan yang dapat diandalkan untuk mengambil screenshot di PC atau laptop. 

Berikut cara menggunakannya:

  • Untuk menangkap seluruh layar, cukup tekan tombol Print Screen (PrtScn) di keyboard Anda.
  • Tangkapan layar akan langsung disalin ke clipboard komputer Anda.
  • Anda kemudian bisa membuka aplikasi pengeditan gambar seperti Paint atau Microsoft Word, dan menempelkan tangkapan layar tersebut di sana.
  • Setelah itu, Anda bisa menyimpan gambar tangkapan layar sesuai kebutuhan Anda.


Meskipun memerlukan beberapa langkah tambahan untuk mengedit dan menyimpan tangkapan layar, metode ini tetap menjadi salah satu pilihan yang efektif.


3. Jelajahi Aplikasi Pihak Ketiga


Selain menggunakan metode bawaan dari sistem operasi Windows, Anda juga bisa mencoba berbagai aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengambil screenshot. 

Contohnya adalah Snipping Tool atau Snip & Sketch, yang menawarkan fleksibilitas lebih dalam mengambil tangkapan layar sesuai kebutuhan Anda.


Dengan menjelajahi aplikasi pihak ketiga ini, Anda bisa menemukan fitur tambahan seperti pemotongan gambar, penandaan, atau pengaturan keyboard shortcut yang memudahkan proses pengambilan screenshot.

Jadi, dengan sedikit latihan dan eksplorasi, Anda akan menjadi mahir dalam mengambil screenshot dan dapat memanfaatkannya secara efektif dalam berbagai situasi. 

Semoga tips dan trik di atas bermanfaat bagi Anda dalam menguasai rahasia mengambil screenshot tanpa ribet di PC dan laptop.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya