24 C
id

Pulau Sumatera Akan Muncul 8 Provinsi Baru yang Siap Dimekarkan dari Provinsi Induk, 2 Diantaranya Dimekarkan dari Aceh

Provinsi Baru
Peta Pulau Sumatera/


AchehNetwork.com - Pulau Sumatera akan mengalami perubahan yang signifikan dengan rencana pemekaran provinsi, yang akan menambahkan delapan entitas provinsi baru. 

Meskipun masih dalam tahap usulan, banyak daerah yang sudah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dalam rencana ini.


Berikut adalah delapan provinsi baru yang siap bergabung dengan pemekaran wilayah di Pulau Sumatera:



1. Provinsi Aceh Leuser Antara


Provinsi pertama yang akan dimekarkan dari Aceh. 

Enam kabupaten dan kota yang akan bergabung termasuk Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Subulussalam, dan Aceh Singkil.


2. Provinsi Aceh Barat Selatan


Daerah kedua yang akan dimekarkan, terdiri dari enam kabupaten dan kota seperti Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, dan Simeulue.


3. Provinsi Tapanuli


Tapanuli akan menjadi provinsi ketiga yang dimekarkan dari Sumatera. 

Enam kabupaten dan kota yang akan bergabung termasuk Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Toba, Samosir, Humbang Hasundutan, dan Kota Sibolga.



4. Provinsi Sumatera Tenggara


Dimekarkan dari Sumatera, provinsi ini akan terdiri dari lima kabupaten dan kota, termasuk Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Sidempuan, Padang Lawas, dan Padang Lawas Utara.



5. Provinsi Kepulauan Nias


Terdiri dari lima kabupaten dan kota seperti Nias Utara, Nias Barat, Nias Selatan, dan Gunung Sitoli.



6. Provinsi Riau Pesisir


Provinsi ini akan dimekarkan dari Sumatera dengan lima kabupaten dan kota yang akan bergabung termasuk Rokan Hilir, Kepulauan Meranti, Siak, Bengkalis, dan Dumai.


7. Provinsi Natuna Anambas


Daerah ini akan dimekarkan dengan lima kabupaten yang bergabung, termasuk Natuna, Anambas, Natuna Barat, Natuna Selatan, dan Natuna Anambas Utara.


8. Provinsi Sumatera Selatan Barat


Provinsi terakhir yang akan dimekarkan dari Sumatera, terdiri dari delapan kabupaten seperti Musi Rawas Utara, Musi Rawas, Lubuk Linggau, Empat Lawang, Pagar Alam, Lahat, dan Penukal Abab Lematang Ilir.


Perubahan ini akan mengubah wajah administratif Pulau Sumatera secara signifikan, dengan harapan meningkatkan pelayanan dan pembangunan di setiap wilayah baru.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya