24 C
id

7 Cara Kreatif Menggunakan OneDrive: Lebih dari Sekadar Penyimpanan

Cara Menggunakan, OneDrive
Ilustrasi Cara Kreatif Menggunakan OneDrive/Foto: berbagai sumber


AchehNetwork.com - OneDrive adalah solusi luar biasa untuk menyimpan dokumen dan foto, namun kemampuannya jauh lebih luas dari itu. 


Berikut adalah beberapa cara kreatif untuk memanfaatkan OneDrive, mulai dari streaming video hingga menyimpan pekerjaan secara otomatis.


1. Streaming Berkas Media

OneDrive memungkinkan kamu untuk menyimpan dan memutar video dalam berbagai format seperti MP4, AVI, FLV, MOV, 3GPP, MKV, dan MMV. 


Untuk melakukannya, unggah video ke OneDrive, lalu klik video tersebut untuk memutarnya. 


Meskipun mungkin memerlukan waktu buffering tergantung pada ukuran video dan kecepatan internet, video akan mulai diputar secara otomatis.


2. Membuat Arsip Digital

Aplikasi seluler OneDrive memiliki pemindai yang memungkinkan kamu mendigitalkan dokumen fisik. Ini adalah cara yang hebat untuk mengurangi kekacauan kertas dan menyimpan kenangan berharga seperti foto keluarga lama. 


Unduh aplikasi OneDrive dari App Store atau Google Play, lalu luncurkan dan gunakan ikon kamera untuk mulai memindai dokumen. 


Kamu dapat menyesuaikan batas bingkai dan menyimpan hasil pemindaian langsung ke OneDrive.


3. Berbagi Dokumen

OneDrive adalah alat yang sangat berguna untuk berbagi dokumen penting dengan rekan kerja atau hal-hal menyenangkan dengan teman dan keluarga. 


Atur file dalam folder dan subfolder agar tetap rapi. Untuk berbagi, pilih file atau folder, klik "Bagikan", masukkan alamat email penerima, dan kirim. 


Kamu juga bisa menyalin tautan file dan mengirimkannya melalui berbagai aplikasi obrolan.


4. Menyematkan File di Situs Web

Ingin menyematkan file seperti PDF, gambar, video, atau klip audio di situs web? Unggah file tersebut ke OneDrive, dapatkan kode sematan, dan sisipkan di situs web kamu. 


Pilih file, klik "Sematkan", buat kode sematan HTML, lalu salin dan tempel kode tersebut ke situs web.


5. Melihat Metadata Berkas

Saat mengunggah file ke OneDrive, metadata seperti tanggal pembuatan, ukuran file, dan pemilik file juga akan disertakan. 


Untuk melihat metadata, pilih file dan klik "Detail". 


Informasi ini membantu kamu memahami konteks file tanpa harus membukanya, dan mempermudah pencarian berdasarkan tanggal atau pembuat.


6. Simpan Otomatis File Microsoft Office

Kamu dapat menghindari kehilangan progres pekerjaan dengan mengaktifkan fitur penyimpanan otomatis ke OneDrive di aplikasi Microsoft Office. 


Setelah masuk ke akun Microsoft, aktifkan fitur "Simpan Otomatis". Setiap perubahan yang kamu buat akan langsung disimpan ke cloud.


7. Lampirkan File OneDrive ke Acara Kalender Outlook

Untuk melampirkan file dari OneDrive ke acara di kalender Outlook, buka kalender, pilih tanggal acara, dan buka acara tersebut. 


Pilih tab "Sisipkan", klik "Lampirkan", pilih "Jelajahi Lokasi Web", dan pilih akun OneDrive kamu. 


Pilih file yang ingin dilampirkan dan tentukan apakah ingin membagikan tautan atau lampirkan sebagai salinan.


Dengan fitur-fitur tersebut, OneDrive menawarkan lebih dari sekadar penyimpanan online, menjadikannya alat yang sangat serbaguna untuk berbagai kebutuhan digital kamu.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya