24 C
id

75 Pengungsi Rohingya Kabur dari Aceh Barat, Diduga Dibawa Pihak Tertentu

Rohingya
Tempat penampungan pengungsi Rohingya kosong setelah ditinggal/


AchehNetwork.com — Sebanyak 75 pengungsi Rohingya yang berada di Aceh Barat telah melarikan diri secara bertahap dalam beberapa hari terakhir. 


Dugaan kuat menyebutkan bahwa mereka dibawa kabur oleh pihak tertentu. Informasi ini disampaikan oleh Faisal Rahman, Protection Associate dari UNHCR Perwakilan Aceh.


Faisal menjelaskan bahwa aksi kabur terakhir melibatkan 27 orang pengungsi, sehari sebelumnya 16 orang, hingga total mencapai 75 pengungsi yang hilang.

 "Jadi yang kabur terakhir sebanyak 27 orang, sehari sebelumnya juga kabur sebanyak 16 orang, jadi semuanya pengungsi Rohingya di yang berada Aceh Barat 75 orang, ini kami diduga ada pihak yang bermain," kata Faisal pada 1 Juni 2024.

Pengungsi yang kabur baru saja menerima kartu identitas pengungsi dari UNHCR.

 "Pada mereka baru saja mendapatkan kartu identitas sebagai pengungsi yang dikeluarkan oleh UNHCR," jelas Faisal. 

Ia juga menduga bahwa pengungsi tersebut akan dibawa ke Malaysia melalui Medan, Sumatera Utara, menggunakan jalur darat. 

"Kita duga mereka akan dibawa ke Medan, lalu akan dibawa ke Malaysia, seperti pengalaman yang sudah-sudah," tambahnya.


Hingga kini, pihak pemerintah Kabupaten Aceh Barat, melalui Satpol PP yang bertanggung jawab atas penjagaan dan pengawasan di tempat penampungan sementara, belum memberikan keterangan resmi terkait kaburnya seluruh pengungsi Rohingya tersebut. 

Kejadian ini menambah kekhawatiran akan keamanan dan nasib para pengungsi yang seharusnya mendapatkan perlindungan di Indonesia.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya