24 C
id

Kebakaran Hebat Landa Ponpes Modern Babun Najah di Banda Aceh, 12 Santri Dilarikan ke Rumah Sakit

Kebakaran Banda Aceh
Petugas Pemadan Kebakaran di Lokasi Kejadian(dok. BPBD)


AchehNetwork.com – Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Babun Najah di Gampong Doy, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, dilanda kebakaran hebat pada dini hari, Senin, 3 Mei 2024.


Insiden tersebut terjadi sekitar pukul 00.15 WIB, seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banda Aceh, Muhammad Hidayat, melalui Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebakaran, Yudi.


Menurut Yudi, api pertama kali terlihat oleh saksi di salah satu ruangan di lantai tiga yang digunakan sebagai gudang penyimpanan barang dan dalam keadaan kosong saat kejadian. 


"Melihat api di lantai tiga, para santri mulai panik. Sebagian dari mereka berusaha memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR)," ungkap Yudi.

Namun, usaha para santri tidak berhasil karena api sudah terlalu besar. 

Beberapa santri segera menghubungi petugas pemadam kebakaran. 

"Api baru berhasil dipadamkan setelah tujuh unit armada pemadam kebakaran dari DPKP Banda Aceh dan lima unit armada dari BPBD Aceh Besar dikerahkan ke lokasi," jelas Yudi.

 Pemadaman selesai sekitar pukul 00.40 WIB, dan proses pendinginan dilakukan hingga pukul 01.30 WIB.

Sebanyak 12 santri harus dilarikan ke rumah sakit akibat sesak napas. 

Kebakaran ini menghanguskan tiga ruangan di ponpes tersebut. 

Hingga saat ini, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. 

Proses pemadaman turut dibantu oleh petugas kepolisian, TNI, serta sejumlah relawan dari berbagai lembaga dan santri.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya