24 C
id

Tidak Jauh dari Bandara Hasanuddin, Nikmati Keindahan Air Terjun Bantimurung di Sulawesi Selatan yang Memukau

Air Terjun Bantimurung, Wisata Sulawesi Selatan
Air Terjun Bantimurung/


AchehNetwork.com — Terletak di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Air Terjun Bantimurung menawarkan pemandangan alam yang memukau. 

Bagian dari Taman Nasional Bantimurung ini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan air terjun dan alam sekitarnya.


Keunikan Air Terjun Bantimurung


Air Terjun Bantimurung memiliki ketinggian 15 meter dan lebar 20 meter. Berbeda dari air terjun pada umumnya, Bantimurung tidak memiliki palung di dasar jatuhnya air. 

Air terjun ini mengalir di atas lapisan batu kapur yang telah mengeras dan dilapisi mineral selama ratusan tahun, menciptakan kolam dangkal yang sempurna untuk berendam. 

Kedalamannya hanya mencapai mata kaki hingga pinggang orang dewasa, menjadikannya tempat pemandian alami yang aman dan menyenangkan.


Pemandangan yang Menakjubkan


Keindahan lokasi ini semakin lengkap dengan bukit karang tinggi yang mengelilinginya. 

Bukit-bukit ini dipenuhi pepohonan rindang yang menambah kesan alami dan asri. 

Di sisi kiri air terjun, terdapat tangga setinggi 10 meter yang mengarah ke dua gua, yaitu Gua Batu dan Gua Mimpi. 

Kedua gua ini memiliki lorong sepanjang 1500 meter yang dihiasi stalaktit dan stalakmit yang indah.


Surga bagi Pecinta Kupu-Kupu


Kawasan Air Terjun Bantimurung juga dikenal sebagai "Kingdom of Butterfly" oleh penjajah Belanda, karena menjadi habitat bagi berbagai spesies kupu-kupu langka. 

Pada tahun 1856-1857, naturalis Inggris Alfred Russel Wallace pernah tinggal di sini untuk meneliti sekitar 150 spesies kupu-kupu. 

Bagi yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang kupu-kupu, Museum Kupu-Kupu di kawasan ini menawarkan informasi yang menarik.



Akses dan Biaya Masuk


Untuk menuju ke Air Terjun Bantimurung, lokasi ini berjarak sekitar 15 kilometer dari kota Maros dan 20 kilometer dari Bandara Hasanuddin. 

Dari kota Makassar, jaraknya sekitar 50 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam dengan kendaraan pribadi. 

Jika langsung berangkat dari Bandara Hasanuddin, waktu tempuhnya sekitar 30 menit menggunakan mobil pete-pete atau bus wisata. 

Lokasinya juga sudah ditandai di Google Maps untuk memudahkan pengunjung.

Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan Air Terjun Bantimurung adalah Rp30.000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp225.000,00 untuk wisatawan mancanegara.

Tiket masuk ini sempat menjadi viral di media sosial karena ada wisatawan asing yang merasa keberatan dengan harganya.



Penutup


Air Terjun Bantimurung menawarkan kombinasi keindahan alam, pemandian alami, dan kekayaan fauna yang jarang ditemui di tempat lain. 

Destinasi ini adalah pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin merasakan keajaiban alam Sulawesi Selatan. 

Jadi, jika Anda mencari tempat wisata yang mempesona dan unik, Air Terjun Bantimurung adalah jawabannya.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya