24 C
id

10 Suku Terbesar Di Indonesia Di Tahun 2023

10 Suku Terbesar Di Indonesia Di Tahun 2023
Ilustrasi Foto Pakaian Adat Perempuan Daerah. (Sumber Kompas.com)

ACHEHNETWORK.COM – Indonesia adalah negara yang memiliki beragam suku dan budaya yang berbeda-beda. Ada lebih dari 300 kelompok suku lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Namun, dari sekian banyak suku yang ada, ada 10 suku terbesar di Indonesia yang memiliki populasi yang paling banyak.

Berikut adalah ulasan mengenai 10 suku terbesar di Indonesia.


Jawa

Pakaian adat suku jawa
Pakaian adat suku Jawa (sumber: Kompas.com)
Suku Jawa merupakan suku terbesar di Indonesia dengan populasi mencapai lebih dari 100 juta jiwa atau sekitar 40% dari total populasi Indonesia. Suku Jawa berasal dari Pulau Jawa dan memiliki budaya yang kaya seperti wayang kulit, batik, dan tari-tarian tradisional.

Sunda

pakaian adat suku sunda
Pakaian adat suku Sunda. (sumber: bogor.urbanjabar.com)
Suku Sunda adalah suku terbesar kedua di Indonesia dengan populasi mencapai sekitar 36.701.670 jiwa atau sekitar 15% dari total populasi Indonesia. Suku Sunda berasal dari wilayah Jawa Barat dan memiliki budaya yang khas seperti tari jaipong dan angklung.


Batak

Pakaian adat suku batak
Pakaian adat suku Batak Mandailing. (sumber: rumahpetik.wordpress.com)
Suku Batak merupakan suku terbesar ketiga di Indonesia dengan populasi mencapai sekitar 8.466.969 jiwa atau sekitar 3,58 % dari total populasi Indonesia. Suku Batak berasal dari Sumatra Utara dan memiliki budaya yang kaya seperti tari tortor dan gondang sabangunan.


Madura

pakaian adat suku madura
Pakaian adat suku Madura. (sumber: pojoksuramadu.com)
Suku Madura merupakan suku terbesar kelima di Indonesia dengan populasi mencapai sekitar 7.179.356 jiwa atau sekitar 3,03 % dari total populasi Indonesia. Suku Madura berasal dari Pulau Madura dan memiliki budaya yang khas seperti karapan sapi dan tari remo.

Betawi

pakaian adat suku betawi
Pakaian adat suku Betawi. (sumber: pelestaribudaya.com)
Suku Betawi merupakan suku terbesar ketujuh di Indonesia dengan populasi mencapai sekitar 6.807.968 juta jiwa atau sekitar 2,88 % dari total populasi Indonesia. Suku Betawi berasal dari wilayah Jakarta dan memiliki budaya yang khas seperti tari topeng Betawi dan reog.


Minangkabau

pakaian adat minangkabau
Pakaian adat suku Minangkabau. (sumber: karyapemuda.com)
Suku Minangkabau adalah suku terbesar keenam di Indonesia dengan populasi mencapai sekitar 6.462.713 juta jiwa atau sekitar 2,73 % dari total populasi Indonesia. Suku Minangkabau berasal dari Sumatra Barat dan memiliki budaya yang kaya seperti tari piring dan randai.


Bugis

pakaian adat suku bugis
Pakaian adat suku Bugis. (sumber: karyapemuda.com)
Suku Bugis adalah suku terbesar kedelapan di Indonesia dengan populasi mencapai sekitar 6.359.700 juta jiwa atau sekitar 2,69 % dari total populasi Indonesia. Suku Bugis berasal dari Sulawesi Selatan dan memiliki budaya yang khas seperti tari saminde dan sappé.


Melayu

pakaian adat melayu
Pakaian adat Melayu. (hasil tangkapan layar di incung.blogspot.com
Suku Melayu adalah suku terbesar keempat di Indonesia dengan populasi mencapai sekitar 5.365.399 jiwa atau sekitar 2,27 % dari total populasi Indonesia. Suku Melayu berasal dari wilayah Riau dan memiliki budaya yang khas seperti tari zapin dan tari serampang dua belas.


Banjar

Pakaian adat suku banjar
Pakaian adat suku Banjar. (sumber: orami.co.id)
Suku Banjar merupakan suku terbesar kesembilan di Indonesia dengan populasi mencapai sekitar 4,1 juta jiwa juta jiwa atau sekitar 2,7 % dari total populasi Indonesia. Suku Banjar berasal dari Kalimantan Selatan dan memiliki budaya yang khas seperti tari pendet dan tari giring-giring.


Aceh

Pakaian adat suku Aceh
Pakaian adat suku Aceh. (hasil tangkap layar di IDNTimes)
Suku Aceh adalah suku terbesar kesepuluh di Indonesia dengan populasi mencapai sekitar  3.526.000. Suku Aceh berasal dari wilayah Aceh dan memiliki budaya yang khas seperti tari saman dan tari ratoh jaroe.

Kesimpulan

Itulah 10 suku terbesar di Indonesia yang memiliki populasi paling banyak. Setiap suku memiliki budaya dan kebiasaan yang khas, serta kontribusi penting dalam pembentukan identitas nasional Indonesia. Dalam menjaga keragaman budaya, penting untuk memahami dan menghargai keberagaman tersebut.[]


ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA