24 C
id

Bazar Kuliner UMKM di Gampong Ramadhan Neusu Jaya Mendukung Pengembangan Usaha dan Kegiatan Sosial Masyarakat

Bazar Kuliner UMKM di Gampong Ramadhan Neusu Jaya Mendukung Pengembangan Usaha dan Kegiatan Sosial Masyarakat
Bazar Kuliner Ramadhan Bantu UMKM Gampong. (Foto: Diskominfotik)
BANDA ACEH - Gampong Ramadhan Neusu Jaya kini dipenuhi dengan berbagai bazar usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kuliner. Masyarakat dapat menemukan beragam takjil yang dijajakan di sana. Bazar kuliner ini merupakan bagian dari Gampong Ramadhan yang diinisiasi oleh Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al-Falah Neusu Jaya dan memiliki tema "Dari Masjid Kita Bangkit". Tujuannya adalah untuk membantu UMKM, terutama di Gampong Neusu Jaya.

Ketua BKM Al-Falah Neusu Jaya, Abdul Halim, menjelaskan bahwa bazar kuliner ini tersedia dalam 6 tenda dan diikuti oleh 12 UMKM terpilih dari masyarakat setempat. Mereka tidak dipungut biaya sewa tenda dan bahkan diberikan modal usaha, termasuk bagi para pemuda. Abdul Halim juga mengungkapkan bahwa antusiasme masyarakat sangat tinggi sejak diumumkan adanya Gampong Ramadhan di Neusu Jaya.

Keuchik Gampong Neusu Jaya, Ichsan, menambahkan bahwa warganya yang terpilih dan dibantu tempat usaha merupakan warga kurang mampu, fakir miskin, pengusaha kecil, dan pemuda. Ia dan perangkat gampong lainnya memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini.

Sementara itu, Camat Baiturrahman, Rahmat Saiful Bahri, berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi gampong lain di wilayah Kecamatan Baiturrahman. Ia juga memberikan dukungan dengan menyediakan kupon belanja senilai 10 ribu rupiah sebanyak 50 lembar yang dibagikan di hari pertama puasa. Pegawai kantor camat juga diarahkan untuk meramaikan berburu takjil di bazar ini. Rahmat menyatakan bahwa kedepannya, pihaknya akan mencari donatur lain untuk berpartisipasi dalam kegiatan serupa.

Gampong Ramadhan Neusu Jaya juga mengadakan beberapa kegiatan lain seperti pawai obor, pasar murah, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), dan daurah tahfidz. Abdul Halim berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi event tahunan yang lebih matang di masa depan.[]

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya