24 C
id

BPBA Aceh: Potensi Karhutla Mengancam Wilayah Barat Selatan Aceh saat Musim Kemarau

Potensi Karhutla Mengancam Wilayah Barat Selatan Aceh saat Musim Kemarau
Ilustrsai kebakaran hutan. (Foto: merdeka.com)
BANDA ACEH - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mengingatkan bahwa wilayah Barat Selatan Aceh berpotensi mengalami Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), terlebih saat ini Aceh sedang memasuki musim kemarau.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, Ilyas, mengatakan bahwa untuk mencegah terjadinya Karhutla, pihaknya akan berkoordinasi dengan TNI dan Polri serta seluruh kabupaten/kota di Aceh.

Ilyas juga menambahkan bahwa kebakaran biasanya terjadi di wilayah barat selatan Aceh yang memiliki banyak lahan gambut. Jika terjadi kebakaran di wilayah tersebut, BPBA akan mensupport alat-alat suntik gambut, selang, dan pompa air.

BPBA juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan saat musim kemarau karena akan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar karena api akan mudah menjalar dan sulit dipadamkan. BPBA juga mengingatkan seluruh BPBD di wilayah barat selatan untuk selalu siap siaga menghadapi potensi kebakaran.[]

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll