24 C
id

Inisiatif Pasar Murah Aceh Barat Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Ini Lokasinya...

Inisiatif Pasar Murah Aceh Barat Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Kepala Disperindagkop dan UKM Aceh Barat, Fauzi, SH bersama Kabid Perdagangan Luar Negeri di Disperindag Aceh, Marzuki saat meninjau persediaan beras pada operasi pasar khusus komuniti beras premium di kawasan Meureubo.
(Foto. aceh.tribunnews)

MEULABOH - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Aceh telah bekerja sama dengan Disperindagkop dan UKM Kabupaten Aceh Barat serta Bulog Meulaboh untuk mengadakan pasar murah guna menekan angka inflasi di daerah tersebut.

Pasar murah Disperindag Aceh diadakan di 90 titik di 23 kabupaten/kota di Aceh yang bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Sementara itu, pasar murah di Kabupaten Aceh Barat diadakan di lima titik sejak tanggal 2 hingga 6 Maret 2023. Pasar murah tersebut dilaksanakan di Kecamatan Johan Pahlawan pada Senin (6/3/2023) di Tugu Parasamya, kawasan Batu Putih Meulaboh.

Selanjutnya, pasar murah akan digelar di Kaway XVI yang akan berlangsung di Pasar Keude Tanjong pada Minggu (5/3/2023). Untuk Kecamatan Meureubo dilaksanakan di halaman Kantor Camat Meureubo pada Sabtu (4/3/2023).

Di Pante Ceureumen, pasar murah telah diadakan di halaman Masjid Manuang Kinco pada Jumat (3/3/3034). Sedangkan di Kecamatan Woyla, pasar murah telah diadakan di Pasar Induk Woyla pada Kamis (2/3/2023).

Jenis sembako yang dipasarkan untuk masyarakat di pasar murah adalah beras 10 kg dijual dengan harga Rp 80 ribu, telur per papan Rp 35 ribu, minyak goreng per liter Rp 15 ribu, tepung satu kilogram Rp 10 ribu, sedangkan gula dua kilogram seharga Rp 22 ribu.

Jumlah kuota sembako untuk Aceh Barat terdiri dari beras sebanyak 18.750 kg, gula sebanyak 4.000 kg, minyak goreng sebanyak 5.000 liter, tepung sebanyak 1.250 kg, dan telur ayam sebanyak 1.800 papan.

"Operasi pasar murah ini digelar pada 23 kabupaten dan kota di Aceh guna menekan angka inflasi menjelang bulan Ramadhan," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Aceh, Marzuki, didampingi oleh Kepala Disperindagkop dan UKM Aceh Barat, Fauzi, SH kepada Serambinews.com pada Sabtu (4/3/2023).

Marzuki menegaskan bahwa pasar murah khusus disubsidi bagi warga kurang mampu dengan mekanisme pemberian kupon sesuai KTP agar teratur proses penjualan. Hal ini diharapkan dapat membantu meringankan beban warga setempat menjelang bulan suci Ramadhan.

"Kegiatan pasar murah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh yang berlangsung di Kabupaten Aceh Barat dilaksanakan di 5 kecamatan sebagai salah satu upaya menurunkan angka inflasi," kata Kepala Disperindagkop dan UKM Aceh.[]

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya