24 C
id

Kasatpol PP Gayo Lues Berhasil Menghindari Penipuan yang Mengatasnamakan Calon Pj Bupati Gayo Lues

Kasatpol PP Gayo Lues Berhasil Menghindari Penipuan yang Mengatasnamakan Calon Pj Bupati Gayo Lues
Tangkapan layar panggilan video call Kasatpol PP Gayo Lues ketika ditelpon oleh penipu. (Foto: Humas Gayo Lues)
BLANGKEJEREN - Berita tentang penipuan yang terjadi di Kabupaten Gayo Lues menyebar luas di kalangan masyarakat setelah terdengar rekaman suara Syabri, S.Pd, seorang Kasatpol PP yang memperingatkan warga agar waspada terhadap penipu yang mengaku sebagai calon Pj Bupati Gayo Lues bernama Drs. H. Alhudri.

Menurut Syabri, penipu tersebut menghubungi beberapa kepala SKPK di Kabupaten Gayo Lues dengan maksud meminta nomor asisten bupati, kepala SKPK, dan bahkan nomor bendahara bupati. Si penipu meminta uang dengan alasan akan menggunakan dana dari bagian umum untuk biaya perjalanan kawannya yang akan datang dari Jakarta setelah dilantik sebagai Pj Bupati.

Awalnya, Syabri tidak mengangkat telepon dari si penipu, namun setelah beberapa kali dihubungi dan diakuinya sebagai Drs. H. Alhudri, Syabri pun mengangkat telepon tersebut. Si penipu berhasil meminta beberapa nomor kepala SKPK kepada Syabri, namun Syabri langsung tersadar bahwa ada yang tidak beres setelah dianalisa dan diingatkan oleh keluarga.

Syabri kemudian menelepon balik si penipu dan mengajaknya video call melalui WhatsApp. Namun si penipu tidak berani menunjukkan wajahnya dan hanya mengarahkan kamera ke objek lain. Setelah melakukan video call tersebut, Syabri langsung memarahi si penipu dan menonaktifkan alat komunikasinya.

Menurut keterangan Syabri, ia sempat dikirimkan nomor rekening oleh si penipu, namun setelah dihubungi oleh beberapa kepala SKPK yang juga menerima telepon serupa, Syabri menyadari bahwa nomor telepon yang digunakan oleh si penipu berbeda dengan nomor yang ia terima sebelumnya.

Setelah kejadian tersebut, Syabri langsung melaporkan penipuan yang terjadi kepada pihak kepolisian. Saat ini, pelaku penipuan masih dalam pelacakan dan diharapkan agar masyarakat lebih waspada terhadap modus penipuan semacam ini.[]

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll