24 C
id

Kuliner Sie Reuboh, Santapan Wajib saat Ramadhan dari Aceh Besar

Kuliner Sie Reuboh, Santapan Wajib saat Ramadhan dari Aceh Besar
Kuliner Sie Reuboh, (Foto: tangkapan layar via Fimela)
ACHEHNETWORK.COM - Sie reuboh, juga dikenal sebagai daging rebus dalam bahasa Indonesia, bukanlah sekadar daging yang direbus. Kuliner ini merupakan makanan khas Kabupaten Aceh Besar yang diwariskan turun-temurun dan menjadi santapan wajib saat bulan Ramadhan tiba. Cara pembuatannya khas sehingga mampu bertahan hingga satu bulan. Sie reuboh terbuat dari gumpalan daging beserta gapah yang dibumbui dengan garam, cabe merah, cabe kering, cabe rawit, dan kunyit. Daging kemudian direbus di belanga tanah tanpa disiram air hingga mendidih.

Pada tahap selanjutnya, air rebusan yang keluar dari daging dan gapah dibiarkan mengering dalam belanga selama satu malam. Keesokan harinya, ketika dipanaskan kembali dan gapah yang membalut daging meleleh, cuka enau dicampurkan bersama air dan biarkan sampai mengering hingga dagingnya empuk. Setelah itu, sie reuboh bisa dijadikan santapan dengan cara disayat sebagai lauk dan bertahan hingga berbulan-bulan dengan cara dipanaskan dengan api yang tak terlalu besar dan harus tetap dalam belanga tanah.

Sie reuboh juga dapat diolah menjadi turunan lain, seperti sie goreng (daging goreng) yang mirip dengan rendang, dimasak lemak, kuah asam keu'eueng (asam pedas) khas Aceh, dan juga dapat dijadikan semacam abon. Rasa sie reuboh ditandai dengan wangi cuka yang khas dan pedas bercampur asam yang sulit untuk dilewatkan.

Meskipun sie reuboh kurang dikenal di luar Aceh Besar, kuliner ini memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan. Masyarakat Aceh Besar harus mempertahankan dan mempromosikan kuliner ini sebagai bagian dari kekayaan budaya Aceh. Upaya untuk melestarikan dan memperkenalkan sie reuboh dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mempromosikannya melalui media sosial atau memasarkannya secara online. Dengan cara tersebut, nilai budaya dari sie reuboh dapat tetap terjaga dan menjadi bagian dari kekayaan kuliner Indonesia.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA