24 C
id

Menhub Ingatkan Pengusaha untuk Berikan THR Lebih Awal Jelang Mudik Lebaran 2023

Menhub Ingatkan Pengusaha untuk Berikan THR Lebih Awal Jelang Mudik Lebaran 2023
Ilustrasi THR. (Foto: tangkapan layar)
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau para pengusaha di Indonesia untuk memberikan tunjangan hari raya (THR) lebih awal kepada para karyawannya. Hal ini disampaikannya usai menghadiri rapat terbatas terkait persiapan arus mudik-lebaran tahun 2023 yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat (24/3/2023).

Dalam rapat tersebut, Menhub Budi Karya Sumadi menegaskan bahwa pemberian THR lebih awal akan sangat membantu para karyawan untuk merencanakan perjalanan mudiknya jelang Idulfitri. Ia pun meminta agar THR diberikan sebelum tanggal 18 April 2023 mendatang. Dengan begitu, para karyawan akan merasa lega dan dapat melakukan perjalanan mudik dengan tenang.

"Saya mengimbau para pengusaha terutama yang bergerak di sektor swasta untuk memberikan THR lebih awal. Sehingga para pegawai sudah mendapatkan THR sebelum melakukan mudik-lebaran. Sehingga pada saat tanggal 18 dipastikan mereka sudah menerima THR dan dapat melakukan perjalanan mulai 18 malam," ujarnya.

Menurut Menhub Budi Karya Sumadi, hal ini sangat penting untuk memastikan kelancaran arus mudik-lebaran pada tahun 2023. Dengan memberikan THR lebih awal, para karyawan akan memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan mudik. Selain itu, para karyawan juga akan merasa lebih tenang dan nyaman selama perjalanan karena sudah mendapatkan THR sebelumnya.

Oleh karena itu, Menhub Budi Karya Sumadi meminta dukungan dari para pengusaha untuk memperhatikan kebutuhan para karyawannya dalam hal pemberian THR. Dengan begitu, semua pihak dapat bekerja sama untuk memastikan kesuksesan arus mudik-lebaran tahun 2023 di Indonesia.

123 Juta Orang Diprediksi Mudik Tahun Ini, Pemerintah Tambah Cuti Bersama

Sebanyak 123 juta warga diperkirakan akan melakukan perjalanan mudik di tahun 2023 ini. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menginformasikan bahwa terjadi kenaikan pemudik dari 85 juta menjadi 123 juta orang pada lebaran tahun ini, di mana Jabodetabek mengalami kenaikan dari 14 juta menjadi 18 juta. Artinya ada kenaikan 47 persen untuk nasional dan 27 persen Jabodetabek.

Menghadapi situasi tersebut, pemerintah memutuskan untuk menambah cuti bersama mulai dari tanggal 19 April 2023. Langkah ini diambil untuk mengakomodasi waktu bagi para pemudik dan mencegah terjadinya penumpukan di jalur-jalur mudik.

Budi mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil setelah melalui pembahasan yang cukup efektif dan pemerintah akan segera menindaklanjuti hasil rapat terbatas kepada sejumlah kementerian terkait. Pemerintah juga mengusulkan libur maju 2 hari, sehingga tanggal 19 dan 20 April sudah libur, namun masuknya tanggal 26 April. Keputusan ini diputuskan dalam rapat terbatas dan tinggal menunggu pengesahan dari Presiden.

Budi menambahkan bahwa pemerintah berharap dengan langkah ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan mudik bagi masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi para pemudik untuk memperhatikan tips mudik aman dan nyaman agar perjalanan dapat berjalan lancar dan selamat.[]



ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya