24 C
id
BREAKING NEWS :
Loading...

Mobile Training Unit Dinas Pendidikan Aceh Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK di Bandar Baru

Mobile Training Unit Dinas Pendidikan Aceh Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK di Bandar Baru
Siswa SMK Negeri 1 Bandar Baru, Pidie Jaya saat mengikuti pelatihan dari Dinas Pendidikan Aceh.
(Foto: aceh.tribunnews)
PIDIE JAYA - Dinas Pendidikan Aceh melaksanakan pelatihan untuk siswa SMK di Aceh agar meningkatkan kompetensi mereka. Pelatihan tersebut dilakukan dengan menurunkan Mobile Training Unit (MTU) ke sekolah. Pada hari Selasa tanggal 7 Maret 2023, pelatihan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bandar Baru, Pidie Jaya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Pidie-Pidie Jaya, Razali M.Pd membuka pelatihan tersebut. Ia mengatakan bahwa SMK Negeri 1 Bandar Baru merupakan satu dari dua SMK di Aceh yang mendapatkan kesempatan dikunjungi MTU1 pada tahun 2023.

MTU merupakan program unggulan Dinas Pendidikan Aceh dalam rangka meningkatkan penyerapan lulusan sekolah vokasi agar dapat menjadi tenaga kerja handal sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang siap terjun ke dunia industri baik lokal, nasional bahkan internasional.

Razali berharap bahwa siswa-siswi SMK yang terpilih menjadi peserta MTU 1 dapat serius mengikuti program ini. Sebab, program ini sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh siswa SMK di Aceh. Oleh karena itu, pelatihan harus dimanfaatkan untuk mengasah keterampilan sesuai dengan jurusan keahlian masing-masing.

Sementara itu, salah seorang instruktur MTU 1, Mawardi Khalil S.Pd mengatakan bahwa praktek lapangan melalui MTU 1 di SMK Negeri 1 Bandar Baru diikuti oleh 60 siswa-siswi dari sekolah setempat. Kegiatan ini akan berlangsung selama 12 hari kedepan, yaitu dari tanggal 7 hingga 19 Maret 2023.

Ada empat jurusan yang dilatih di SMKN 1 Bandar Baru, yaitu jurusan bidang keahlian Bricklaying (teknik batu beton), Joinery (teknik konstruksi kayu), Kabinet Making (teknik peralatan) dan Plumbing (teknik pemipaan air bersih dan air kotor).

Pelatihan ini bertujuan untuk melatih sekaligus meningkatkan hardskill dan softskill peserta didik SMK. Salah satu yang sangat ditekankan dalam pelatihan ini yaitu sikap dan kedisiplinan dalam bekerja. Peserta didik diajarkan untuk bekerja dengan tekun dan disiplin dalam bekerja.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)
Baca Juga Ya!

ARTIKEL TERKAIT

Baca Juga Ya!

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA