24 C
id

Musrenbang RKPK Nagan Raya 2024: Mengarahkan Pembangunan dan Menekan Kemiskinan

Musrenbang RKPK Nagan Raya 2024: Mengarahkan Pembangunan dan Menekan Kemiskinan
Pj Bupati Nagan Raya foto bersama pada kegiatan Musrenbang SKPK di Hotel Grand Nagan. (Foto: tangkapan layar/Diskominfotik)
SUKA MAKMUE - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) tahun 2024 pada Selasa (28/3/2023) lalu. Acara ini dibuka oleh Pejabat sementara (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP SSos MSi di Aula Grand Nagan Hotel.

Musrenbang RKPK tahun 2024 ini bertema "Menyukseskan Pesta Demokrasi dan Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM dalam Pengentasan Kemiskinan." Selain Fitriany Farhas, acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Ardimartha, Kepala Bappeda Aceh HT Ahmad Dadek, dua wakil ketua DPRK, Dedi Irmayanda dan Puji Hartini serta kepala SKPK lingkup Pemkab setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Fitriany Farhas menyampaikan bahwa musrenbang RKPK tahun 2024 membahas rancangan rencana kerja (renja) SKPK dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari tahapan perencanaan musrenbang RKPK Nagan Raya tahun perencanaan 2024 sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan akhir renja SKPK tahun 2024.

Fitriany Farhas juga menjelaskan bahwa ada enam tujuan yang ingin dicapai melalui Musrenbang RKPK tahun 2024. Salah satunya adalah menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah kabupaten atau kota dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional serta usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kecamatan serta forum perangkat daerah dan pra musrenbang.

Selain itu, tujuan lainnya adalah mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada Pemda Nagan Raya pada musrenbang RKPK Kecamatan sebelum musrenbang RKPK Nagan Raya dilaksanakan serta pokok-pokok pikiran DPRK.

Kepala Bappeda Aceh, HT Ahmad Dadek SH MH, dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal penting. Salah satunya adalah mengenai upaya menekan inflasi melalui musrenbang ini yang dapat dilakukan dengan memberikan subsidi dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Selain itu, penguatan masyarakat miskin dalam bidang ekonomi juga menjadi fokus perhatian.

Diharapkan dengan dilaksanakannya Musrenbang RKPK tahun 2024 ini, pembangunan di Kabupaten Nagan Raya bisa lebih terarah dan terukur sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.[]

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya