24 C
id

Pemkab Pidie Sembelih 27 Ekor Sapi untuk Fakir Miskin di Hari Meugang

Pemkab Pidie Sembelih 27 Ekor Sapi untuk Fakir Miskin di Hari Meugang
Pj Bupati Pidie menyerahkan sapi kepada camat.(Foto: Dok.)
SIGLI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie, akan mengadakan program penyembelihan hewan kurban pada hari Meugang dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. Sebanyak 27 ekor sapi akan disembelih untuk dibagikan kepada fakir dan miskin di daerah tersebut. Sejumlah donatur di daerah setempat menyumbangkan sapi-sapi tersebut untuk dijadikan kurban.

Meskipun Pemkab Pidie menargetkan untuk menyembelih 100 ekor sapi, namun saat ini yang sudah terkumpul baru 27 ekor. Penjabat (Pj) Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto mengatakan kepada wartawan bahwa sapi-sapi tersebut sebagiannya akan disembelih di Masjid Al-Falah pada hari meugang pertama, sementara untuk kecamatan yang berjauhan dari pusat kabupaten akan disembelih pada tempatnya masing-masing.

Wahyudi berpesan kepada camat dan panitia agar sapi yang telah disembelih dapat dibagikan sehari sebelum meugang sehingga warga miskin di Pidie dapat menikmati daging dalam menyambut bulan suci Ramadan. "Tujuan dari program ini untuk meringankan beban masyarakat miskin dalam menyambut bulan suci Ramadan," cetus Wahyudi Adisiswanto.

Tradisi penyembelihan hewan kurban menjelang bulan suci Ramadan telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Aceh. Hewan kurban seperti sapi dan kambing disembelih dan dagingnya dibagikan kepada fakir miskin dan kaum yang membutuhkan. Hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian dan kebersamaan antara sesama umat Muslim.[]

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya