24 C
id

Pj Bupati Bener Meriah Terima Penghargaan Universal Health Coverage dari Wapres Ma'ruf Amin

Pj Bupati Bener Meriah Terima Penghargaan Universal Health Coverage dari Wapres Ma'ruf Amin
Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah, Haili Yoga diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di hadapan Ma'ruf Amin di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, pada Selasa, 14 Maret 2023. (Foto: Dok. Kominfo)
BENER MERIAH - Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah, Haili Yoga, menerima penghargaan pencapaian Universal Health Coverage (UHC) dari Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Ma'ruf Amin. Penghargaan ini disebut pencapaian jaminan kesehatan dan diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di hadapan Ma'ruf Amin di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, pada Selasa, 14 Maret 2023.

Sejak berdirinya Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) pada tahun 2014, Pemkab Bener Meriah melalui Pemerintah Provinsi Aceh telah berhasil mencapai cakupan UHC. Saat ini, 169.498 jiwa penduduk Kabupaten Bener Meriah telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Tercatat sebanyak 54.254 jiwa telah terdaftar sebagai peserta pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah Bukan Pekerja (PBPU BP) yang di Aceh disebut Jaminan Kesehatan Aceh (JKA). Sementara itu, 94.669 jiwa terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI APBN) dan 18.605 jiwa terdaftar sebagai Pekerja Penerima Upah. Selain itu, 231 jiwa terdaftar sebagai peserta mandiri (PBPU), dan 1.739 jiwa terdaftar sebagai peserta pada segmen bukan pekerja.

Pj Bupati Bener, Haili Yoga, mengatakan bahwa ini merupakan wujud dukungan penuh untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat agar dapat mengakses layanan di fasilitas kesehatan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe yang telah bersama-sama bekerja keras agar masyarakat Kabupaten Bener Meriah bisa terjamin ke dalam program JKN.

Dengan capaian ini, ia berharap fasilitas kesehatan dapat lebih optimal dalam melayani masyarakat. Selain itu, perlu adanya kerja sama untuk mengentaskan permasalahan kesehatan di daerah. Haili Yoga juga berkomitmen untuk memastikan seluruh penduduk Kabupaten Bener Meriah tetap terjamin akses layanan kesehatan melalui Program JKN-KIS di masa depan.[]

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya