24 C
id

Pj Wali Kota Sabang Buka Sabang Marine Festival 2023, Mengangkat Potensi Bahari dan Budaya Kota Sabang

Pj Wali Kota Sabang Buka Sabang Marine Festival 2023, Mengangkat Potensi Bahari dan Budaya Kota Sabang
Penjabat (Pj) Wali Kota Sabang Reza Fahlevi secara resmi membuka Sabang Marine Festival 2023 pada Jumat (17/3/2023) sore.
(Foto: Humas Sabang)
SABANG - Penjabat (Pj) Wali Kota Sabang Reza Fahlevi secara resmi membuka Sabang Marine Festival 2023 pada Jumat (17/3/2023) sore. Acara ini ditandai dengan penabuhan rapai secara serentak bersama Anggota DPR RI Komisi X Illiza Sa’aduddin Jamal dan tamu undangan lainnya di Tugu Menara Merah Putih.

Tema dari acara ini adalah Gerbang Kekayaan Bahari Indonesia, yang merupakan event bahari terbesar di Aceh. Acara ini juga dibuka dengan rangkaian pawai budaya dan pawai marine serta tarian kolosal Tuah Bak Jaroe Panglima yang menjadi ikon SMF23.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi menggambarkan sejarah Kota Sabang mulai dari masa Yunani, penjajahan hingga saat ini, dimana daya tarik luar biasa Kota Sabang berasal dari kekayaan bahari.

“Atas dasar itulah, kami masyarakat Sabang melalui inisiasi dari BPKS menyelenggarakan kegiatan ini yang ke-5 kalinya. Alhamdulillah pada tahun ini SMF masuk ke dalam agenda Kharisma Event Nusantara,” kata Pj Wali Kota Sabang.

Sabang Marine Festival 2023 menggabungkan aktivitas bahari dengan konsep ragam budaya Kota Sabang. Acara tahun ke-5 ini berlangsung selama tiga hari, dipusatkan di Tugu Menara Merah Putih dan Pelabuhan Teluk Sabang.

Pj Wali Kota Sabang berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung suksesnya penyelenggaraan kegiatan Sabang Marine Festival 2023 ini, seperti BPKS, Kemenparekraf RI, Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata, The University Of York, Organizer Of Yacht Rally, Bank Indonesia Perwakilan Aceh, PT. Bank Aceh Syariah, Bank Syariah Indonesia Cabang Sabang dan Yayasan Geutanyo, serta seluruh tim kreatif yang telah terlibat dari awal sampai dengan penutupan nanti.

Pj Wali Kota Sabang Buka Sabang Marine Festival 2023, Mengangkat Potensi Bahari dan Budaya Kota Sabang
Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi resmi membuka Sabang Marine Festival 2023 yang ditandai dengan penabuhan rapai serentak bersama Anggota DPR RI Komisi X Illiza Sa'aduddin Jamal dan tamu undangan lainnya, di Tugu Menara Merah Putih. (Foto: Kanal Aceh)
Reza Fahlevi berharap, dengan adanya SMF23 dapat menarik lebih banyak wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke pulau ujung barat Indonesia ini, sambil menikmati keindahan alam maupun kekayaan budaya Aceh di Sabang yang begitu memikat.

“Dengan begitu akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Kota Sabang dan juga mempromosikan Sabang sebagai gerbang kekayaan bahari indonesia,” tambahnya.

Selaras dengan dibukanya Sabang Marine Festival 2023, Pj Wali Kota Sabang juga mengajak seluruh elemen masyarakat dan wisatawan yang berkunjung pada festival ini untuk mencintai dan bangga atas produk dalam negeri, khususnya yang ada di Kota Sabang.

“Kita harus mencintai produk Indonesia, khususnya disini ada produk UMKM Kota Sabang. Mari kita belanja, sebagaimana pesan pak Sandiaga Uno, jangan menjadi rohali, rombongan hanya lihat-lihat, tapi jadilah Rojali, rombongan jadi beli.

Pj Wali Kota Sabang juga menambahkan bahwa kegiatan Sabang Marine Festival 2023 tidak hanya sekadar ajang hiburan semata, tetapi juga menjadi sarana edukasi dan promosi potensi wisata bahari di Indonesia, khususnya di kota Sabang.

Pj Wali Kota Sabang juga berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan laut. Menjaga lingkungan laut tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau sekelompok orang tertentu, tetapi menjadi tanggung jawab bersama sebagai warga negara yang baik.

Sabang Marine Festival 2023 sendiri akan diisi dengan berbagai macam kegiatan, seperti lomba perahu naga, lomba makan ikan bakar, lomba memancing, pertunjukan musik, pameran kuliner, serta berbagai kegiatan lainnya.

Event ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Sabang, khususnya dalam meningkatkan perekonomian dan mempromosikan potensi wisata bahari yang ada di kota ini.

Dengan berakhirnya sambutan dari Pj Wali Kota Sabang, acara pun resmi dibuka dan dihadiri oleh banyak wisatawan dan masyarakat Sabang yang antusias untuk menyaksikan kegiatan ini. Semoga kegiatan Sabang Marine Festival 2023 dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta memberikan manfaat bagi masyarakat dan pengunjungnya.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA