24 C
id

Sabang Marine Festival 2023 Resmi Ditutup dengan Kanduri Laot di Pantai Pasiran Timur

Sabang Marine Festival 2023 Resmi Ditutup dengan Kanduri Laot di Pantai Pasiran Timur
Sabang Marine Festival 2023 Resmi Ditutup dengan Kanduri Laot di Pantai Pasiran Timur.(Foto: Humas Sabang)
SABANG - Sabang Marine Festival (SMF) 2023, rangkaian acara bahari terbesar di Aceh telah usai dengan Kanduri Laot yang digelar di Pantai Pasiran Timur, Kota Sabang pada Minggu (19/3). Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi mengatakan Kanduri Laot sebagai penutup SMF23 yang diselaraskan dengan tema utama yaitu bahari.

Selain itu, Pj Wali Kota Sabang juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung suksesnya Sabang Marine Festival 2023 ini, terutama BPKS, Kemenparekraf RI, instansi terkait lingkup Pemko Sabang, serta Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Ucapan terima kasih juga dihaturkan kepada The University Of York, Organizer Of Yacht Rally, Bank Indonesia Perwakilan Aceh, PT. Bank Aceh Syariah, Bank Syariah Indonesia Cabang Sabang dan Yayasan Geutanyo, serta seluruh tim kreatif yang telah terlibat dari awal hingga penutupan ini.

Event ini mengusung narasi utama tentang bahari berdasarkan kearifan lokal Aceh, khususnya di Kota Sabang. Dimana seluruh tatanan adat dan budaya mengenai bahari ditampilkan pada event Sabang Marine Festival. Event ini juga mempromosikan Sabang sebagai gerbang kekayaan bahari Indonesia.

Berdasarkan sejarah, Sabang selalu menjadi jalur utama untuk pelayaran kapal-kapal besar dari berbagai negara dengan berbagai kepentingan. Sehingga diharapkan Sabang bisa maju dari sisi bahari, destinasi wisata heritage, perdagangan, maupun religi.

Pada Kanduri Laot ini, Pj Wali Kota Sabang menyerahkan hadiah pemenang konvoi boat, kepada Agus Ramadhan yang merupakan nelayan Lhok Pasiran, pembawa boat nomor 8 pada Pawai Marine ketika pembukaan SMF23.

Meski sudah ditutup secara resmi, rangkaian kegiatan SMF23 seperti pameran dan bazar UMKM serta sajian Peukateuen Seni, akan tetap berlangsung mengisi malam Senin masyarakat Kota Sabang.[]

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya