24 C
id

Suksesnya Sabang Marine Festival 2023 Berdampak Positif bagi Perekonomian Masyarakat dan UMKM

Suksesnya Sabang Marine Festival 2023 Berdampak Positif bagi Perekonomian Masyarakat dan UMKM
Suksesnya Sabang Marine Festival 2023 Berdampak Positif bagi Perekonomian Masyarakat dan UMKM.(Foto: Humas sabang)
SABANG - Sabang Marine Festival 2023 telah hadir dan memberikan dampak positif pada perekonomian masyarakat, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Menurut Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, acara bahari terbesar di Aceh ini memberikan wadah kreativitas seni dan hiburan bagi masyarakat Sabang serta wisatawan dari luar.

Dari sisi UMKM, kehadiran Sabang Marine Festival memberikan dampak positif pada penjualan produk UMKM yang signifikan. Dalam dua hari pelaksanaan acara, penjualan produk UMKM mencapai Rp 50 juta dari beberapa stand UMKM saja. Jumlah tersebut belum termasuk pendapatan pedagang kaki lima, warung kopi, rental mobil, akomodasi, dan lain-lain. Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, menganggap keberhasilan acara ini meningkatkan, mempromosikan, dan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

Kegiatan seperti Sabang Marine Festival harus menjadi program tahunan, karena acara tersebut menjadi salah satu media strategis dalam mendorong pengembangan pariwisata di suatu daerah. Presiden Joko Widodo, menurut Reza Fahlevi, selalu mendorong tumbuhnya event-event ini dan bahkan mendorong penyederhanaan izin.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga turut mendukung berbagai event yang dihelat di seluruh nusantara. Menurut Reza Fahlevi, kebijakan Kemenparekraf punya perhatian besar terhadap event. Bahkan ada Kedeputian yang membidangi event sebagai bukti nyata dari perhatian tersebut.[]

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya