24 C
id

Sapi Milik Warga Aceh Timur Diduga Diserang Harimau, Kapolsek Banda Alam Imbau Warga Tetap Waspada

Sapi Milik Warga Aceh Timur Diduga Diserang Harimau, Kapolsek Banda Alam Imbau Warga Tetap Waspada
Sapi Milik Warga Aceh Timur Diduga Diserang Harimau. (Foto: Dok. Humas Polres Aceh Timur)
IDI RAYEUK - Sebuah peristiwa menyedihkan terjadi di Dusun Buket Panjang, Desa Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur pada Minggu, 26 Maret 2023. Seekor sapi milik Sofyanto, seorang warga setempat, ditemukan terluka-luka di seluruh tubuhnya di area Afdeling 1 kebun PTPN Julok Rayeuk Selatan. Diduga, sapi tersebut diserang oleh harimau liar saat sedang berkeliaran di area tersebut.

Sapi yang ditemukan tergeletak lemas dipinggir jalan oleh seorang warga Desa Pelita Sagoup Jaya, Kecamatan Indra Makmu, yang sedang berburu babi dengan menggunakan senapan angin. Warga tersebut melaporkan kejadian tersebut kepada pihak keamanan PTPN Julok Rayeuk Selatan, yang kemudian melaporkan peristiwa ini ke Polsek Banda Alam.

Kapolsek Banda Alam, Iptu Saidir, menjelaskan bahwa pihak kepolisian segera bergerak menuju lokasi setelah mendapat laporan adanya sapi milik warga yang diserang harimau liar. Petugas bersama dengan perangkat Desa Panton Rayeuk T kemudian meminta pemilik sapi untuk segera mengevakuasi ternaknya ke pemukiman warga sebagai tindakan pencegahan agar satwa liar tersebut tidak kembali menyerang.

Kapolsek juga memberikan imbauan kepada warga setempat untuk tidak melepas atau mengembalakan hewan ternak mereka di area perkebunan guna mencegah terjadinya konflik dengan satwa liar seperti harimau. Selain itu, warga diminta untuk lebih waspada dan hati-hati saat berkeliaran di luar rumah atau berpergian, terutama pada malam hari.

Kondisi hewan ternak di area perkebunan memang sangat rentan menjadi sasaran serangan satwa liar seperti harimau. Oleh karena itu, semua pihak harus bersama-sama melakukan upaya pencegahan agar terhindar dari konflik dengan satwa liar. Semoga kejadian serupa tidak terulang lagi dan semua hewan ternak bisa aman dan terlindungi di kawasan perkebunan.[]

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya